Pria Tasikmalaya Kaget, Saldo ATM Mendadak Jadi Rp7,8 Miliar


Mantan pegawai Non-ASN Ipin Tasripin (42) terkejut mengetahui saldo ATMnya membeludak jadi Rp7,8 miliar. Uang tersebut didapatkan Ipin Tasripin dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) tang seharusnya rutin diterima tiap bulan.

Bersama rekan-rekan sekantornya, Ipin Tasripin menjadi peserta DPLK di salah satu bank daerah. Ipin dan rekannya biasa menerima dana yang tak lebih dari Rp100 ribu setiap tahun ketika kontrak kerjanya habis. Namun, saat melakukan pengecekan, saldo ATM Ipin mendadak meroket hingga Rp7,8 miliar lebih.

"Beberapa hari lalu saldonya masih nol, kalau yang lain sudah ada sekitar Rp 95.000,. Kemarin siang saya cek lagi, ternyata ada Rp 7 juta lebih. Saat diperiksa lagi, ternyata jumlahnya Rp 7,8 m," terang Ipin Tasripin di Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jumat (13/9/2024), dikutip dari Instagram pembasmi.kehaluan.reall, pada Sabtu, 14 September 2024.

Saldo ATMnya meroket pesat, Ipin justru merasa panik dan tak nyaman sehingga langsung melaporkan hal itu ke pihak terkait. Jika mendapat dana fantastis dari salah transfer, apa yang harus dilakukan?

Dilansir  dari laman fh.untar.ac.id pada Sabtu, 14 September 2024, terkait penggunaan dana salah transfer termuat dalam Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana (UU Transder Dana).

Berikut adalah bunyi Pasal 85 UU Transfer Dana: 'Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya Dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp5 miliar."

Sementara itu, hal yang semestinya dilakukan ketika mengetahui ada dana salah transfer yaitu pertama, mengonfirmasi kepada bank agar dilakukan perbaikan atas kekeliruan yang terjadi. Pihak bank yang terlambat melakukan perbaikan atas kekeliruan transfer wajib membayar jasa, bunga, atau kompensasi kepada penerima.

Hal tersebut perlu dilakukan agar memberikan perlindungan bagi nasabah atas tindakan kekeliruan transfer dana yang dilakukan pihak bank.

Related

News 6237828959023754482

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item