Pabrik di Pekalongan Dinyatakan Pailit, Ratusan Buruh Demo


Ratusan karyawan pabrik sarung PT. Panamtex di desa Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/9) siang menggelar aksi didepan pabrik tempat mereka bekerja. 

Massa memblokir akses jalan dan membentangkan sejumlah spanduk berisi kecaman atas nasib mereka, jika pabrik tempat mereka mencari nafkah selama ini akan ditutup. 

Tabi'in selaku ketua PSP SPN Panamtex menjelaskan, aksi ini mengecam putusan pengadilan niaga, yang mempailitkan pabrik, atas gugatan 5 orang mantan karyawannya. Dengan dinyatakan pailit, nasib ratusan karyawan lainnya dipastikan akan terancam. 

Tabi'in meminta, pihak perusahaan segera melakukan negosiasi dengan para pengguggat, agar permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Selain itu, Tabi'in juga meminta pemerintah untuk ikut turun tangan, agar ratusan karyawan lainnya tidak kehilangan pekerjaan atas sengketa ini. 

Sementara itu, Lutfi Virlanda selaku perwakilan manajemen PT. Panamtex menyambut baik aksi yang dilakukan karyawannya, sebagai bentuk dukungan kepada perusahaan. 

Lutfi menegaskan, putusan pengadilan niaga yang mempailitkan perusahaannya pada 12 September lalu dinilai tidak bijaksana, karena aset perusahaan masih banyak dan sanggup untuk membayar putusan sengketa. Atas putusan pailit ini, pihak perusahaan akan melakukan kasasi. 

Related

News 4399139873386025298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item