Mengisi Baterai Ponsel di Bandara Ternyata Bisa Berbahaya


Mengisi baterai ponsel menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh setiap orang. Termasuk di Bandara saat transit maupun menunggu jadwal penerbangan. Namun demikian, seorang pakar keamanan memberikan peringatan kepada para wisatawan atau masyarakat yang melakukan perjalanan agar tidak mengisi daya ponsel mereka di bandara.

Menyadur dari Unilad, ketergantungan terhadap ponsel pada penerbangan memang sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi banyak orang yang memiliki boarding pass di ponselnya saat ini. Maka sangat wajar jika banyak orang mengisi baterai ponsel mereka di bandara.

Namun, meskipun stasiun pengisian daya yang terdapat di hampir setiap bandara saat ini mungkin tampak nyaman, seorang pakar keamanan memperingatkan hal tersebut. Biro Investigasi Federal (FBI) mengeluarkan peringatan untuk tidak menggunakan stasiun pengisian daya telepon umum, termasuk yang terdapat di bandara.

“Hindari penggunaan stasiun pengisian daya gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan,” demikian peringatan di situs FBI.

Jae Ro, dari produsen adaptor steker SIGNAL + POWER, telah berbicara tentang masalah yang sama. Meskipun stasiun pengisian daya ini sederhana dan mudah digunakan, Jae memperingatkan 'kenyamanan disertai dengan risiko keamanan yang besar'.

“Port ini dapat dirusak untuk menginstal perangkat lunak berbahaya (malware) pada perangkat Anda,” kata Jae Ro. "Malware ini dapat mengintai tanpa terdeteksi, diam-diam mencuri informasi sensitif seperti kata sandi dan detail perbankan."

Teknik yang digunakan oleh peretas yang dikenal sebagai juice jacking adalah alasan lain mengapa orang tidak menghubungkan ponselnya ke stasiun pengisian daya di bandara. 

Diketahui, kasus ini melibatkan malware yang diinstal melalui port USB rusak yang mengunci perangkat atau bahkan mengekspor semua data pribadi dan kata sandi langsung ke pelakunya. Sebab, aliran daya dan data pada smartphone melewati kabel yang sama, memungkinkan peretas mengambil kendali atas informasi pribadi pemilik ponsel.

“Setelah terinfeksi, ponsel Anda jadi rentan tidak hanya di bandara, tapi ke mana pun Anda membawanya,” kata Jae.

Selain itu, mengisi daya ponsel di bandara dapat menyebabkan paparan data yang tidak disengaja. Dan meskipun stasiun pengisian daya belum dirusak, perangkat ponsel tetap berisiko.

“Stasiun pengisian daya dapat mentransfer data dan daya. Meskipun ponsel meminta pengguna untuk memilih antara mode 'Hanya mengisi daya' dan 'Transfer file', perlindungan ini sering kali diabaikan oleh stasiun pengisian daya," ujarnya.

Akibatnya, perangkat kita rentan terhadap intersepsi atau eksploitasi data. Data yang dicuri ini nantinya dapat digunakan untuk pencurian identitas atau dijual di web gelap.

Related

Technology 8361887667805334037

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item