Makanan-makanan Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah


Belum lama ini penyakit penyempitan pembuluh darah ramai diperbincangkan, usai dialami oleh Sonny Septian. Ya, suami Fairus A Rafiq ini dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami penyempitan pembuluh darah otak dan leher.

Penyempitam pembuluh darah atau lebih dikenal dengan vasokonstriksi adalah istilah yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan ketika otot-otot di sekitar pembuluh darah menegang sehingga ruang di dalamnya jadi lebih kecil. Ini kebalikan dari vasodilatasi, yang membuka pembuluh darah untuk memperbesar ruang di dalamnya.

Vasokonstriksi dapat membantu atau justru melukai tubuh seseorang tergantung dari situasinya. Penyakit ini dapat timbul akibat pola makan yang tidak sehat. Merangkum dari Cleveland Clinic, berikut deretan makanan penyebab penyempitan pembuluh darah.

Apabila Anda sudah mengetahui memiliki riwayat tekanan darah tinggi, ada baiknya menghindari beberapa makanan ini untuk mencegah potensi terjadinya penyempitan pembuluh darah.

1. Minuman dengan kafein
2. Camilan asin
3. Daging yang sudah diolah
4. Makanan lain yang tinggi garam

Apabila Anda sudah mengetahui potensi penyempitan pembuluh darah pada tubuh, tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah, untuk mencegahnya, di antaranya:

1. Turunkan tingkat stres
2. Hindari kafein
3. Olahraga (dan lakukan pemanasan beberapa menit terlebih dahulu).
4. Berhenti merokok

Related

Health 5966267006232988692

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item