Sosok Gang Ye, Konglomerat Singapura Berharta Rp 50 Triliun


Gang Ye adalah salah satu konglomerat ternama di Singapura, pendiri perusahaan game dan e-commerce Sea Limited. Perusahaan ini ia dirikan bersama Forrest Li dan David Chen pada 2009 lalu.

Melansir dari situs resmi Sea Limited, Senin (26/8/2024), Gang Ye merupakan lulusan S1 dalam Ilmu Komputer dan Ekonomi dari Universitas Carnegie Mellon.

Setelah kelulusannya, ia sempat bekerja di perusahaan agribisnis global, Wilmar International. Setelah itu dia juga sempat bekerja di Badan Pengembangan Ekonomi Singapura terlebih dahulu sebelum akhirnya ikut membangun Sea.

Ia tercatat sudah menjadi anggota dewan direksi perusahaan sejak 2010 lalu. Pada awalnya ia menjabat posisi Chief Technology Officer. Barulah pada 2017 lalu hingga sekarang, Gang Ye menjabat sebagai Chief Operating Officer Sea Limited.

"Gang Ye adalah salah satu pendiri kami dan telah menjadi anggota dewan direksi perusahaan kami sejak Maret 2010," tulis perusahaan dalam situs resminya.

"Gang telah menjabat sebagai Chief Operating Officer kami sejak Januari 2017 dan menjabat sebagai Chief Technology Officer kami antara Maret 2010 dan Desember 2016," jelas Sea Limited lagi.

Berkat posisinya sebagai Chief Operating Officer sekaligus salah satu pendiri perusahaan, Gang Ye tercatat memiliki sebagian saham SEA Limited. Dari sanalah ia bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan yang sangat berlimpah, hingga layak disebut sebagai salah satu crazy rich Singapura.

Meski tidak disampaikan secara rinci berapa jumlah saham Sea Limited yang dimiliki Gang Ye, namun Forbes menaksir kekayaannya saat ini mencapai US$ 3,3 miliar atau setara dengan Rp 50,9 triliun.

Berkat kekayaannya itu, saat ini Gang Ye berada di posisi orang paling tajir ke-25 di Singapura. Kemudian menurut laporan real time Forbes per hari, Senin (26/8) Gang Ye juga berada di urutan 1.054 crazy rich terkaya di dunia.

Related

Figures 1166105249619778767

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item