Makna Mendalam Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia (Bagian 1)


Paus Fransiskus tengah berada di Indonesia sejak 3 hingga 6 September 2024.dalam rangka perjalanan apostolik ke Asia dan Pasifik. 

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus, dilanjutkan kunjungan ke Port Moresby, Papua Nugini dan Vanimo dari 6-9 September; Dili, Timor Leste dari 9-11 September; dan Singapura dari 11-13 September.

Mengapa Indonesia?

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi simbol persahabatan dan dialog antar umat beragama di Indonesia.

"Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dianggap sebagai momentum penting untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Vatikan dan menjadikan Indonesia sebagai barometer kehidupan beragama yang rukun dan damai," katanya dalam keterangan di situs resmi Kemenag, Selasa (3/9/2024).

Dia berharap, Paus Fransiskus menginspirasi semua pihak, setiap agama mengajarkan kasih sayang. Termasuk kasih sayang antar umat manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan.

Hal itu, sebutnya, sejalan dengan tugas Kementerian Agama untuk menjamin semua umat beragama di Indonesia dapat beribadah dengan baik. Di mana, Indonesia saat ini mengakui 6 agama resmi, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

"Agar kehidupan beragama di Indonesia berjalan harmonis, Kementerian Agama mengupayakan pendekatan moderat melalui pendidikan keagamaan," kata Yaqut.

Menurut Romo Thomas Ulun Ismoyo, Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus, keputusan ini menunjukkan pengakuan atas peran Indonesia dalam memajukan keberagaman dan toleransi.

Selain memperkuat hubungan diplomatik, Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus juga menyoroti posisi Indonesia sebagai contoh harmonisasi antaragama di dunia.

Lima Kesederhanaan Paus

Paus Fransiskus menuai decak kagum karena menunjukkan kesederhanaan meskipun menyandang status sebagai pemimpin umat Katolik seluruh dunia dan pemimpin negara Vatikan.

Deret kesederhanaan Paus sesuai dengan namanya, Fransiskus (dari Asisis), sebagai orang kudus yang dikenal dengan kesederhanaan dan cinta kasihnya.

Pertama, Paus mendarat di Jakarta tidak menggunakan pesawat jet pribadi tapi menggunakan pesawat komersial ALITALIA di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.25 WIB, Selasa (3/9/20240 dari Bandara Internasional Leonardo da Vinci atau roma Fiumicino.

Perjalanan tersebut diperkirakan menempuh waktu 12 jam 45 menit dengan penerbangan langsung dari Roma ke Jakarta. Tentu saja ini menjadi tantangan bagi Paus yang juga merupakan yang tertua di antara Paus yang datang ke Indonesia.

Saat berkunjung ke Indonesia, Paus Fransiskus menjadi yang paling tua jika dibandingkan dua pendahulunya. Paus Paulus VI datang ke Indonesia ketika berusia 73 tahun. Sementara Paus Yohanes Paulus II pada 1989 lalu berkunjung ketika berada di usia 69 tahun.

Kedua, Paus memilih mobil Toyota Innova Zenix ketimbang mobil mewah layaknya pejabat di Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo.

Mobil-mobil mewah para pejabat seperti Mercedes Benz Tipe GLZ yang ditaksir seharga Rp2,5 miliar pada 2021. Kemudian Jeep Rubicon seharga Rp2 miliar. Sementara mobil yang dikendarai Paus pada kedatangan ini dibanderol paling murah seharga Rp430 jutaan.

Selain itu Paus memilih duduk di depan atau sebelah supir dibandingkan duduk di kursi tengah yang menghilangkan batas kelas antara pengemudi dan penumpang. Paus mendobrak pandangan umum seorang tamu penting akan duduk di tengah sementara pengemudi tetap di depan sebagai rasa hormat ke orang tersebut.

Keempat, Paus Fransiskus terlihat memakai jam analog hitam dengan bagian tengahnya berwarna putih. Hal ini pun ramai diperbincangkan di dunia maya.

Warganet ramai menduga jam tangan yang dipakai Paus adalah merek Casio seri MQ24-7B2. Pada 2020, pihak Casio mengonfirmasi bahwa Paus Fransiskus memakai jam tangan seri tersebut.

Baca lanjutannya: Makna Mendalam Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia (Bagian 2)

Related

News 7589690452080328337

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item