Di Cianjur, Ada Lomba Panjat Pinang Berhadiah Janda Muda


Perayaan Hari Kemerdekaan identik dengan beragam perlombaan seru memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia. Namun ada satu perlombaan unik yang digelar warga Kabupatan Cianjur, Jawa Barat, yakni panjat pinang berhadiah 'janda muda'.

Kemeriahan lomba ini digelar warga Kampung Lemburan Tengah. Selain panjat pinang, ada juga lomba nyeleneh lain yakni menangkap tikus.

Lomba panjat pinang ini berlangsung di tengah kolam dengan posisi batang pinang miring 45 derajat. Bagian bawahnya air, sehingga peserta aman dari cedera serius bila jatuh.

Selama perlombaan, warga menonton riuh memberikan semangat. Sementara perempuan yang disebut sebagai janda muda duduk di ujung batang pinang sebagai lambang hadiah untuk diperebutkan.

Ketua RW setempat Amir Saepudin mengatakan, lomba ini diadakan untuk menyemarakan HUT RI.

"Tadi ada lomba panjat pinang dengan perempuan duduk di atas puncak. Sebenaranya itu lambang cowok yang memperebutkan duniawi, dalam hal ini artinya kesuksesan," ujar Amir, Senin (19/8/2024).

Menurutnya seluruh rangkaian lomba ini melibatkan masyarakat dengan harapan lebih sejahtera, sehat dan sukses.

"Semoga tahun depan acara lomba bisa semeriah ini. Kami akan bikin lagi lomba lebih meriah," katanya.

Belakang diketahui hadiah janda muda merupakan gimmick dari panitia agar lomba jadi lebih seru. Sebab bukan benar-benar perempuan yang duduk di atas batang pinang, melainkan laki-laki yang didandani bak perempuan dan memakai payung.

Related

News 5487997268791241247

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item