Cara Pakai QRIS Tap, Tak Perlu Pakai Kamera Ponsel


Bank Indonesia (BI) memiliki metode pembayaran baru yakni QRIS Tap. Metode ini berbeda dengan QRIS dengan scan barcode yang lazim digunakan saat ini.

Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Santoso mengatakan QRIS dengan scan barcode menggunakan scanning melalui kamera pada ponsel. Sementara, QRIS Tap menggunakan teknologi NFC yang ada di smartphone.

"Selama ini transaksi menggunakan kameranya, kali ini tidak usah lagi buka kameranya," kata Santoso dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) di Jakarta Convention Center.

Berikut cara penggunaan QRIS Tap:

Pengguna terlebih dahulu membuka aplikasi pembayaran yang dimiliki. Lalu pilih metode QRIS Tap pada aplikasi.

Setelah itu, pengguna hanya perlu menempelkan ponselnya dengan fitur NFC aktif ke alat pembaca yang disediakan oleh pedagang.

"Tinggal pencet tombol QRIS Tap langsung didekatkan. Jadi ini lebih memudahkan," kata dia.

Sebelum melakukan transaksi QRIS Tap, Santoso mengingatkan pelanggan harus memastikan bahwa ponselnya memiliki teknologi NFC. Selain itu, penguna juga harus memperbarui versi aplikasi pembayaran di ponsel mereka.

Begitu juga dengan merchant perlu melakukan pembaharuan agar bisa menerima metode pembayaran terbaru ini.

Related

Tips 429616649871093977

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item