Cak Imin soal Darurat Kekerasan Seksual di Pesantren dan Sekolah


Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut pendidikan Indonesia saat ini gagal. Sebab, terlalu banyak kasus pelecehan seksual di lembaga pendidikan. 

"Pendidikan kita telah gagal, saya mendapatkan banyak laporan terjadi pelecehan seksual, terjadi kekerasan seksual di lembaga-lembaga pendidikan, ini parah terjadi!" kata Cak Imin di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (18/8). 

"Karena apa, perusahaan lembaga pendidikan itu hubungan kerjanya adalah patron klien, atasan bawahan. Ini kerja keras," imbuhnya.

Cak Imin mendorong berbagai pihak untuk turun langsung ke sekolah hingga pesantren. Jangan sampai pelecehan seksual tumbuh subur. 

"Saya sampaikan di sini bahwa lembaga pendidikan kita sedang memasuki darurat kekerasan seksual di mana-mana. Mari kita operasi bareng-bareng, mari kita telusuri mulai dari pesantren, lembaga pendidikan asrama. Berbagai lembaga pendidikan sudah sampai pada level darurat kekerasan seksual," urai Cak Imin. 

Cak Imin menduga penyebab kasus tersebut bisa terjadi. Salah satunya karena pemahaman yang minim. 

"Ini karena apa? Karena tidak menghargai kemanusiaan dan karena tingkat pemahaman pendidikan anak-anak kita, siswa-siswa kita sangat rendah," tutur dia. "Ditakut-takuti untuk dilecehkan, tiap hari 10-20 kasus yang masuk menjadi bagian pekerjaan rumah kita."

Semua pihak dari aparat, politikus, masyarakat, tenaga pendidik, harus bekerja sama untuk mengatasi persoalan ini. 

"Kita semua khusus menangani itu Insyaallah dengan semangat kita menjadi bagian dari solusi bangsa Insyaallah kepemimpinan daerah di bawah kepemimpinan kita akan selamat, akan aman, akan tentram dan rakyat kita maju sejahtera," tutup dia.

Related

News 27340612889554167

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item