Pertamina Bakal Ngolah Minyak Goreng Bekas Jadi BBM


PT Pertamina (Persero) ternyata sedang mengembangkan produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berasal dari sumber minyak goreng bekas. Hal itu diungkapkan langsung oleh SVP Technology Innovation Pertamina Oki Muriza.

Oki mengatakan, setidaknya pengembangan BBM dari bahan minyak goreng bekas ini diprediksi bisa terlaksana pada akhir tahun 2024. "Kita juga yang sedang kita kejar adalah menjelang akhir tahun ini kita ingin menghasilkan sustainable efficient fuel. Dari apa? Dari minyak goreng bekas. Jadi minyak goreng bekas yang potentially memberikan penyumbatan di selokan air dan seterusnya," beber Oki dalam program Energy Corner, Selasa (6/8/2024).

Menurut Oki, BBM dari sumber minyak bekas tersebut bisa menjadi BBM yang berkelanjutan dan efisien.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa minyak jelantah atau used cooking oil bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar aviasi atau penerbangan.

Hal itu dijabarkan oleh Luhut dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan. Dia mengatakan bahwa pemanfaatan minyak jelantah lumrah dilakukan seperti yang sudah dilakukan di Malaysia dan Singapura.

"Pernahkah terpikirkan bahwa minyak jelantah atau used cooking oil dapat menjadi bahan bakar untuk industri aviasi atau penerbangan? Hal ini ternyata sudah lumrah dilakukan di beberapa negara tetangga kita, seperti Malaysia dan Singapura," jelas Luhut, dalam akun Instagramnya, Rabu (29/5/2024).

Luhut juga mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi minyak jelantah yang melimpah bahkan disebut mencapai 1 juta liter per tahun. "Di mana 95 persennya diekspor ke beberapa negara," tambahnya.

Untuk menindaklanjuti potensi tersebut, Luhut mengatakan dirinya turun tangan untuk memimpin Rapat Rancangan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Industri Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Indonesia.

"Mengapa hal ini penting? Berdasarkan data IATA, Indonesia diprediksi akan menjadi pasar aviasi terbesar keempat di dunia dalam beberapa dekade ke depan. Dengan asumsi kebutuhan bahan bakar ini mencapai 7.500 ton liter hingga 2030," bebernya.

Adapun, dia juga menyebutkan jenis lain sumber bahan bakar aviasi yang dimanfaatkan dari minyak sawit telah berhasil dilakukan pengaplikasiannya.

"Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi sudah melakukan uji coba statis yang sukses dari SAF, untuk digunakan pada mesin jet CFM56-7B. Hal ini membuktikan bahwa produk mereka layak digunakan pada pesawat komersil," imbuhnya.

Dengan begitu, dia mengatakan bahwa pemanfaatan SAF dalam industri aviasi juga bisa menciptakan keuntungan hingga Rp 12 triliun per tahun. Selain itu juga menjadi pintu masuk investasi kilang baik dari pihak swasta maupun BUMN.

"Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah penciptaan nilai ekonomi melalui kapasitas produksi kilang-kilang biofuel Pertamina, diestimasikan bahwa penjualan SAF secara domestik dan ekspor dapat menciptakan keuntungan lebih dari Rp 12 triliun per tahunnya," tandasnya.

Related

News 3479743293322318464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item