Kronologi Pengeroyokan Kiai dan Banser di Karawang


Ketua PWNU Jabar KH Juhadi Muhammad mengungkapkan kronologi pengeroyokan, yang menyasar rombongan kiai dan banser di Karawang, pada Sabtu (10/8/2024).

Belakangan diketahui, tokoh yang diamuk massa tak dikenal ini adalah KH Ihsanudin Al Badawi selalu Rois Syuriah MWC NU Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Jumadi yang akrab disapa Kang Haji itu mengatakan, kejadian ini bermula saat rombongan hendak menuju lokasi pengajian di Ponpes Al Baghdadi, Rengasdengklok, Karawang. Tapi di perjalanan, rombongan ini transit terlebih dahulu di Pesantren Mambaul Ulum Rengasdengklok.

Setelah itu, rombongan kembali melanjutkan perjalanan. Tapi di tengah jalan, rombongan ini tiba-tiba diadang sekelompok orang tak dikenal sebelum tiba di Ponpes Al Baghdadi.

"Jadi sebelum sampai di lokasi ada pengadangan, pengeroyokan dan pengrusakan mobil rombongan. Yang dikeroyok Banser 2 orang karena melindungi Kiai Ihsan di dalam mobil," katanya saat dihubungi.

Berdasarkan informasi yang Kang Haji terima, insiden ini disinyalir merupakan penyerangan yang salah sasaran. Sebab, massa menduga tokoh yang berada di dalam mobil adalah KH Imaduddin Utsman al-Bantani, seorang pengasuh Pesantren Nahdlatul 'Ulum, Tangerang, Banten.

Terlepas dari semua itu, ia memastikan insiden ini sudah dilaporkan ke polisi. Informasi terakhir yang ia terima, kepolisian sudah turun untuk mengejar pelaku pengeroyokan tersebut.

"Sudah, kepolisian infonya kemarin sudah gelar perkara. Hari ini mulai baru pengejaran," ujarnya.

Ia meminta tak ada pihak yang main hakim sendiri dan menyerahkan masalah tersebut ke polisi. "Imbauan kami, jangan main hakim sendiri karena tidak akan menyelesaikan masalah. Ketika ada permasalahan, serahkan semuanya kepada aparat penegak hukum," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Karawang AKBP Edward belum dapat memberikan informasi terkait kejadian ini. "Biarkan kami bekerja dulu, nanti ada waktunya kami info perkembangan," ujar Edward.

Related

News 4517285440532683366

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item