Beli BBM Pertalite Akan Dibatasi, Begini Cara Daftar MyPertamina


Pemerintah berencana membatasi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk mendorong program subsidi tepat sasaran. Pembatasan itu direncanakan akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Pembatasan pembelian BBM subsidi awalnya diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menyebut PT Pertamina (Persero) selaku badan usaha penyalur BBM bersubsidi tengah menyiapkan proses pembatasan BBM bersubsidi dapat segera berjalan. Ia pun berharap pada 17 Agustus mendatang, pembatasan BBM bersubsidi dapat direalisasikan.

"Itu sekarang Pertamina sudah menyiapkan. Kita berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai. Di mana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kita kurangi," kata Luhut dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, dikutip Senin (15/7/2024). 

Pemerintah memang belum mendetailkan siapa saja yang berhak membeli BBM bersubsidi khususnya jenis Pertalite (RON 90). Selama beberapa tahun terakhir hingga saat ini, pemerintah tengah menggodok aturan yang akan tertuang dalam Revisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian Dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Namun, PT Pertamina (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyalurkan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite, melakukan berbagai hal agar subsidi yang dikeluarkan oleh Pemerintah bisa tepat sasaran, salah satunya dengan percobaan sistem digitalisasi pembeli di beberapa kota menggunakan QR code melalui Program Subsidi Tepat aplikasi MyPertamina.

Hal itu bahkan tercatat sudah dilakukan oleh Pertamina sejak tahun 2022 lalu. Lantas, bagaimana cara mendaftarkan diri dalam program Subsidi Tepat MyPertamina? Berikut cara mendaftar Subsidi Tepat MyPertamina:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id

3. Centang informasi memahami persyaratan

4. Klik daftar sekarang

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Related

News 6017625240706428125

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item