Studi Ungkap Penyebab Lagu-lagu Hits Kekinian 'Gitu-gitu Aja'


Sebuah studi terbaru mengungkap lagu-lagu kekinian menjadi 'gitu-gitu aja' dan tidak terlalu kompleks dibanding dekade-dekade sebelumnya. 

Para ilmuwan mengatakan perubahan ini bisa jadi, setidaknya sebagian, disebabkan oleh kemunculan genre-genre baru selama beberapa dekade, seperti stadium rock, disko, dan hip-hop.

Namun, Madeline Hamilton, salah satu penulis penelitian dari Queen Mary University of London, mengatakan hasil penelitian ini tidak berarti musik telah mengalami kemunduran.

"Dugaan saya adalah bahwa aspek-aspek lain dari musik menjadi lebih kompleks dan melodi menjadi lebih sederhana sebagai cara untuk mengimbanginya," kata Hamilton, mengutip The Guardian, Senin (8/7).

Ia mencatat ketika musik pada dekade-dekade sebelumnya dibuat dengan beberapa instrumen, yang berarti kerumitan cenderung ditambahkan melalui vokal, lagu-lagu zaman sekarang melibatkan banyak lapisan dan tekstur suara.

Hamilton dan rekannya Marcus Pearce, dalam penelitian yang terbit di jurnal Scientific Reports, menjelaskan bagaimana mereka mempelajari lagu-lagu yang berada di lima besar tangga musik single akhir tahun Billboard AS setiap tahun antara tahun 1950 dan 2022. Lagu-lagu tersebut termasuk Heartbreak Hotel dari Elvis Presley, Hey Jude dari The Beatles, Vogue dari Madonna, Poker Face dari Lady Gaga, dan Irreplaceable dari Beyonce.

Mereka kemudian menganalisis delapan fitur yang berkaitan dengan nada dan struktur ritme melodi. Hasilnya menunjukkan rata-rata kompleksitas melodi menurun dari waktu ke waktu, dengan dua penurunan besar pada tahun 1975 dan 2000, serta penurunan yang lebih kecil pada tahun 1996.

Hamilton mengatakan bahwa salah satu penjelasannya adalah munculnya genre musik yang berbeda, dengan penurunan pertama terjadi pada saat musik rock dan disko menjadi populer.

"[Penurunan] sekitar tahun 2000 [mungkin] setidaknya sebagian disebabkan oleh munculnya hip-hop, karena melodi-melodi tersebut sangat berbeda. Biasanya melodi-melodi tersebut sangat sederhana," kata Hamilton.

Penurunan yang lebih kecil sekitar tahun 1996, tambahnya, juga dapat dikaitkan dengan hip-hop, meskipun pengaruh lain yang mungkin terjadi adalah munculnya workstation audio digital, yang memudahkan untuk mengulang bagian dan frasa dalam lagu.

"Kami merasa hal ini dapat menyebabkan peningkatan pengulangan dalam melodi," katanya.

Namun perubahan pada melodi tidak selalu mencerminkan gambaran keseluruhan. Analisis tersebut mengungkapkan bahwa tangga lagu telah menunjukkan peningkatan kepadatan nada -dengan kata lain, jumlah nada yang dinyanyikan per detik- terutama sejak tahun 2000.

"Jika Anda memiliki melodi [dengan] banyak nada per detik, hal tersebut membatasi seberapa kompleks [melodi] tersebut," kata Hamilton.

"Sedangkan jika Anda bernyanyi lebih lambat, Anda bisa menyanyikan lebih banyak nada yang tidak terduga, atau Anda bisa melakukan lompatan yang lebih besar dan sebagainya."

Tim mengatakan penelitian lain tidak menemukan tanda-tanda penurunan warna suara atau harmoni musik selama 50 tahun sejak 1960. Meski "revolusi" dalam musik populer sebelumnya telah diidentifikasi, waktunya berbeda, yang menurut Hamilton dan rekan-rekannya mungkin disebabkan oleh penelitian lain yang berfokus pada fitur-fitur musik yang berbeda, dan fakta bahwa penelitian baru ini hanya melihat pemuncak tangga lagu.

Hamilton mengatakan ia sedang memperluas analisisnya untuk memasukkan aspek-aspek lain dari musik.

"Saat ini, kami sedang meneliti akord. Kami juga ingin memperluas analisis kami dengan memasukkan lebih banyak lagu, untuk melihat apakah tren ini [untuk melodi] berlaku untuk musik yang lebih besar," pungkasnya.

Related

Music 8727311266510532817

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item