Orang Ini Memiliki Uang Rp253 Triliun, tapi Hidup Sederhana


Biasanya para miliarder selalu ingin menonjolkan harta kekayaannya agar semua orang tahu dirinya kaya raya. Namun, hal ini tak dilakukan oleh Pavel Durov.

Meski Forbes mencatat ia punya harta US$ 15,5 miliar atau Rp253 triliun, gaya hidupnya justru sederhana dan tak ingin terlihat kaya. Bahkan, dia memutuskan tak ingin mengejar dunia. Bagaimana ceritanya?

Pavel Durov adalah pria asal Rusia kelahiran 10 Oktober 1984. Dia menjadi terkenal dan kaya raya berkat mendirikan VKontakte (VK) pada 2006. VK adalah media sosial di Rusia yang serupa dengan Facebook: sama-sama bisa berbagi pesan. 

Di tangan Durov, VK tumbuh pesat. Tak butuh waktu lama, media sosial itu sukses menggantikan Facebook sebagai media sosial paling populer di Rusia. Valuasi perusahaan pun tumbuh hingga US$ 3 miliar. Dia pun dijuluki sebagai "Mark Zuckerberg"-nya Rusia. 

Akan tetapi, pertumbuhan pesat VK terjadi di Rusia yang sangat mengontrol kebebasan berpendapat warga. Alhasil, VK sering kali jadi sasaran "amarah" pemerintah Rusia. Kantornya pun pernah digerebek polisi Rusia.

Durov pun beberapa kali menjadi target kriminalisasi. Awalnya dia tetap melakukan perlawanan, tapi puncaknya terjadi pada 2014. Mengutip Yahoo News, kala itu Durov dipaksa agen intelijen Rusia untuk memberikan data pengguna VK di Ukraina yang melakukan aksi protes terhadap Presiden Ukraina pro-Rusia. 

Permintaan ini ditolak mentah-mentah Durov. Akan tetapi, setelahnya dia harus terusir dari tanah kelahirannya sendiri, termasuk kehilangan VK. 

"Setelah itu, saya dipecat dari perusahaan yang saya bentuk. Dan untuk melawan, saya meninggalkan Rusia. Saya kehilangan perusahaan dan rumah," katanya. 

Durov kemudian bermukim di Amerika Serikat dan diketahui langsung merancang pembuatan media sosial baru. Kelak, rancangan itu melahirkan aplikasi berbagi pesan bernama Telegram. 

Forbes mencatat Telegram kemudian berkembang sangat pesat. Ini bisa terjadi karena Telegram bisa lebih menjaga keamanan data pengguna. Keberhasilan Telegram yang pada 2021 menjadi aplikasi terpopuler lantas membuat nama Durov makin naik daun. 

Sampai 2024, Durov tercatat punya kekayaan US$ 1,5 miliar atau Rp253 triliun. Akan tetapi, itu semua tak membuat Durov terlena. 

Hidup sederhana 

Mengutip South China Morning Post, Durov diketahui menjalani gaya hidup asketik. Gaya hidup ini membuatnya memilih tidak melakukan kesenangan duniawi dan lebih fokus mencapai tujuan spiritual. Biasanya, para penganut gaya hidup ini adalah agamawan yang kerap bersemedi dan mengasingkan diri dari hiruk-pikuk dunia. 

Beranjak dari sini, dia telah menjauhkan segala macam hal yang berbahaya untuk kesehatan dan kesejahteraan fisik. Dia menolak alkohol, nikotin, obat-obatan, kafein, makanan cepat saji, gula, termasuk menonton televisi. Dikabarkan juga dia suka bersemedi sebagai sarana detoks.  

Praktik lain dari langkah ini terlihat juga pada kebiasaan berpakaiannya. Sehari-hari dia tak mau ambil pusing memikirkan busana. Dia hanya mengenakan kaos polos berwarna hitam. Gaya pakaiannya mengikuti bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang sering pakai kaos polos. Bahkan kabar terbaru dia tak gengsi mengenakan handphone murah. 

Lewat unggahan di akun Telegram resmi, awalnya dia bercerita kalau HP-nya, yang jadi perangkat utama untuk bekerja, baru saja rusak karena cuaca panas di Dubai. Dari sini, orang-orang lantas salah fokus pada HP-nya, Samsung Galaxy A52, yang seharga Rp5 juta dan sudah ketinggalan zaman. 

Dari sini orang melihat bahwa gaya hidup Durov anti-mainstream. Sekalipun bisa membeli HP mahal dari uang ratusan triliun rupiah, dia malah memakai HP murahan. 

Oleh karena itu, belajar dari Durov: hiduplah sederhana meski punya uang melimpah ruah. 

Related

Figures 379953958463231737

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item