Netizen Marah, Tas Dior Seharga Rp930 Ribu Dijual Puluhan Juta


Netizen Korea baru-baru ini dibuat emosi setelah ditemukan adanya sebuah pabrik China yang memproduksi brand mewah, Dior. Pabrik pembuatan tas Dior tersebut digrebek oleh pihak berwenang setempat dan ditemukan adanya sejumlah ekploitasi pekerja gelap asal China dan Filipina.

Tas-tas Dior yang dibuat pekerja China dan Filipina itu dijual dengan harga 80 ribu Won atau sekitar Rp930 ribu dan dibuat dengan menambahkan label "Made in Italy".

Dikutip dari JTBC News pada Selasa, 18 Juni 2024, sejumlah pekerja gelap tersebut bekerja dengan rutinitas yang tinggi tanpa berhenti. Pekerja diketahui dipaksa bekerja saat libur hingga peralatan keselamatan dihapus untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Tas-tas Dior itu akan dijual kembali dengan harga yang berkali-kali lipat lebih tinggi dari biaya awal yang telah dikeluarkan. Bahkan tak dapat dipungkiri, bahwa tas itu juga dijual di toko-toko Dior seharga 3,8 juta Won atau sekitar Rp45 juta.

Pihak dari pengadilan Italia bahkan telah memberikan peringatan untuk menuntut perusahan brand mewah Dior dan pemasoknya atas kondisi kerja yang buruk.

Melihat adanya aktivitas ilegal ini, pihak yang berwenang menduga industri kulit asli Italia terganggu oleh produsen China tersebut. Setidaknya terdapat 40 persen barang mewah yang dibuat dengan penambahan "Made in Italy", namun berasal dari China.

Tak hanya Dior, sebulan yang lalu brand mewah dari Giorgio Armani juga diketahui terkena skandal serupa.

Melihat adanya hal ilegal yang dilakukan oleh Dior ini membuat banyak netizen Korea Selatan terkejut dan tersulut emosi.

"Aku tidak percaya tas Dior yang kubeli di kantor pusat 100 persen dibuat di China," tulis Netizen Korea Selatan.

"Sudah lama kualitas Dior menurun, sekarang aku biasanya memilih Miu Miu atau Fendi ketika membeli barang mewah baru," tulis netizen lainnya.

Sekarang pihak berwenang Italia terus menyelidiki kasus ini yang membuat produsen fashion di Italia terganggu.

Related

News 8351567858887088153

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item