Modus Penipuan Lowongan Kerja, Sudah Banyak Makan Korban


Modus penipuan tidak hanya dilakukan oleh pelaku melalui media sosial atau online saja. Beberapa modus penipuan yang sering terjadi di lingkungan kita biasanya melalui Instagram, Email hingga WhatApp. Bahkan, banyak juga melalui aplikasi chating atau dating app lainnya seperti MiChat sampai Bigo Live.

Namun modus penipuan yang terbaru ini adalah dengan cara pemberitahuan soal lowongan kerja atau loker. Pertama, pelaku akan mengirimi pesan melalui WhatsApp ke korbannya. Pesan yang diberikan ke korban adalah pemberitahuan bahwa korban lolos ke tahap selanjutnya setelah melamar pekerjaan.

Korban akan diminta pelaku untuk datang ke tempat kerja guna menghadap HRD. Pelaku memberitahukan bahwa korban akan interview mengenai pekerjaan yang diterimanya. Namun, pelaku juga memberikan persyaratan lainnya kepada korban. Korban dimintai sejumlah uang oleh pelaku.

Bahkan, pelaku juga memberikan alasannya agar korban dimudahkan untuk lolos atau masuk ke pekerjaan tersebut. Selain itu pelaku juga memberikan ancaman ke korban jika tidak menuruti permintaannya. Korban diancam akan mendapat masalah besar dan bersangkutan dengan hukum.

Biasanya pelaku akan memberikan sebuah nomor vitual akun agar korban segera mentransfer. 

Jika hal tersebut kalian alami, sebaiknya jangan ditanggapi. Terlebih lagi jika kalian tidak merasa memasukkan lamaran pekerjaan, hapus saja pesan tersebut. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan sembarangan menyimpan data pribadi di internet. 

Related

News 5548365822246602543

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item