Bocah Ini Harus Cuci Darah Seumur Hidup Gegara Kerap Makan Ayam Goreng


Seorang anak di Taiwan terpaksa harus menjalani cuci darah seumur hidup akibat keseringan memakan ayam goreng. Bahkan, dia disebut-sebut mengonsumsinya setiap hari.

Dikutip dari World of Buzz, setiap hari anak tersebut menghabiskan uang sakunya untuk membeli ayam goreng sehabis pulang sekolah. Dalam satu tahun, dia bahkan telah memakan lebih dari 200 potong ayam goreng.

Nahasnya, kebiasaan mengonsumsi makanan lezat tersebut mendapat efek samping yang tidak terduga. Bocah yang tak disebutkan namanya itu mengalami kerusakan ginjal yang membuatnya harus melakukan cuci darah seumur hidup.

Spesialis nefrologi sekaligus dokter yang menangani kasus anak tersebut, Hong Yong Xiang mengatakan bahwa ayam goreng yang terendam dalam minyak dan lemak bisa memicu beragam masalah kesehatan. Sebab, makanan itu biasanya dimasak dengan minyak daur ulang, sehingga mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan.

"Hidrokarbon aromatik polisiklik, amina isosiklik, akrilamida, dan logam berat merupakan zat-zat yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan, terutama bagian ginjal," ujarnya.

Dia menambahkan, zat-zat tersebut tak hanya merusak fungsi ginjal, namun bisa memicu masalah kesehatan lainnya juga. Karena itu, dia mengimbau masyarakat agar menghindari makanan tersebut.

"Kesehatan ginjal sangat penting, dan makanan tinggi lemak, tinggi gula, tinggi garam, dan tinggi kalori, terutama makanan olahan, logam berat, dan bahan pembuat plastik harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Related

News 6416125696327361432

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item