Kemenkominfo Akhirnya Buka Suara Soal Aplikasi Ela Elo


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya buka suara usai warganet 'ngerujak' aplikasi elaelo.id. Munculnya aplikasi tersebut diduga buatan pemerintah yang bakal menggantikan media sosial Twitter.

"Emang bukan dari (Kementerian) Kominfo," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan seperti dikutip, Rabu, 19 Juni 2024.

Berdasarkan fitur Cek Hoaks dalam situs web Aduankonten.id yang dikelola Kemenkominfo, situs elaelo.id yang disebut sebagai platform "Under Construction by Kominfo" merupakan hoaks.

Platform elaelo.id ramai diperbincangkan sejak akhir pekan lalu. Hal itu menyusul isu soal pemblokiran X oleh pemerintah atau imbas dari penerapan ketentuan tentang konten dewasa yang dirilis X akhir Mei 2024.

Platform tersebut muncul ke publik dan menjanjikan 1.000 centang biru bagi pengguna yang mendaftarkan diri pertama kali.

Setelah ramai diperbincangkan, situs web elaelo.id sempat tak bisa diakses pada Senin (17/6), tetapi sudah bisa dibuka kembali pada Rabu (19/6).

Ketika dicek dalam daftar penyelenggara sistem elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu (19/6) pukul 09.30 WIB, elaelo.id tidak ada dalam daftar.

Ketua Komtap Cyber Security Awareness Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas), Alfons Tanujaya mengatakan, masyarakat perlu waspada bila ingin mengakses aplikasi elaelo.id, karena platform menampilkan informasi yang tidak benar.

Alfons juga menyarankan bagi mereka yang mendaftar menjadi pengguna elaelo.id, tidak asal memberikan data penting atau menggunakan kata sandi yang sama dengan yang digunakan dalam platform lain. Tujuannya adalah untuk menghindari pencurian data.

"Jangan jalankan aplikasi apapun yang diberikan elaelo. Iktikadnya saja sudah tidak bagus, jadi harus hati-hati," kata pengamat keamanan siber dari Vaksincom itu.

Related

News 7425368484282012708

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item