China Blokir Konten-konten Influencer yang Pamer Kemewahan


Otoritas sensor China memblokir sejumlah influencer yang pamer kekayaan. Keputusan ini diambil setelah kampanye demi memerangi aksi pamer kekayaan secara daring diluncurkan.

Pada Selasa (28/5) akun di sosial media Douyin milik konten kreator Wang Hongquan sudah tak bisa diakses lagi. Akun itu sudah punya empat juta pengikut. Wang biasanya mengunggah video pamer pakaian desainer kelas wahid, penerbangan first class sampai koleksi perhiasan.

Informasi yang disampaikan pada aplikasi TikTok versi China itu menyampaikan, akun Wang diblokir karena menyalahi pedoman komunitas, demikian dikutip AFP.

Pada April 2024 lalu, Pengawas Internet China meluncurkan kampanye bernama "Jelas dan Cerah". Kampanye itu ditujukan menghapus konten-konten yang dianggap tidak dibutuhkan di sosial media.

Kemudian lewat kampanye itu, otoritas China menegaskan akan bertindak tegas pada influencer yang mengunggah konten dianggap vulgar, dan sengaja menampilkan gaya hidup mewah serta bergelimang harta.

Selain Wang, China memblokir saluran Sister Abalone. Saluran di situs Bilibili yang serupa YouTube itu kerap memperlihatkan seorang wanita merekam rumah mewah dan kalung berlian dan mutiara.

Video dari saluran Sister Abalone sudah tak bisa diakses lagi.

Pemberantasan akun-akun pamer kekayaan sejalan dengan upaya China memperketat kendali atas selebriti di media sosial. Sebelum kampanye itu berjalan, Pemerintah China kerap mengecam konten pamer uang.

Bahkan Presiden Xi Jinping, yang menginisiasi program makmur bersama, memberlakukan denda besar bagi sejumlah influencer. Lewat program makmur bersama, Xi bertujuan mengurangi ketimpangan ekonomi di negaranya.

Related

News 8076154939703704182

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item