BNPT: Tak Ada Serangan Teroris, tapi Banyak Remaja Intoleran


Tak ada serangan teroris di Indonesia sepanjang tahun 2023 hingga Juni 2024. Namun di sisi lain, jumlah remaja intoleran meningkat. Hal itu disampaikan Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel dalam paparannya saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Senin (10/6). 

Berikut rincian data aksi terorisme di Indonesia sejak 2018:

"Sepanjang tahun 2023 sampai Juni 2024, alhamdulillah tidak terjadi serangan terorisme, zero terrorist attack di Indonesia. Global Terorism Index Indonesia juga semakin baik dari posisi 24 di 2022 dan 2023 menjadi posisi 31 di 2024," kata Rycko. 

Namun di sisi lain, tren positif itu juga tak serta merta baik. Sebab, menurutnya ada pergerakan konsolidasi sel-sel teror. Proses radikalisasi justru meningkat di kalangan perempuan, anak, dan remaja yang merupakan kelompok yang rentan di masyarakat.

"Fenomena ini menunjukkan perubahan tren pola serangan teror di Indonesia dari hard menuju soft approach of attack," sambung Rycko.

Datanya menurut Kajian I-KHUB BNPT Outlook 2023 seperti ini:

"Meski peningkatannya hanya 1 digit, kondisi ini bisa menjadi masalah besar mendatang. Karena bahan baku utama radikalisme adalah intolerensi yang sungguh tidak kompatibel dengan negara kebangsaan Indonesia yang dibangun dalam berbagai perbedaan," sebut Rycko.

Dia mengkhawatirkan ke depan, bibit-bibit intoleran itu dapat berkembang dalam menciptakan rasa ekslusivisme. Yakni mengkategorikan orang yang berbeda dengannya sebagai lawan.

"Ideologi ini pada tahap berikutnya dapat menyebabkan ekslusifisme, yang seringkali menggunakan jubah dan atribut keagamaan. Merasa diri dan kelompoknya paling benar, kelompok lain yang tidak sejalan dianggap salah, berhadapan harus dihancurkan, dikafirkan atau dihalalkan darahnya," tambahnya.

Related

News 5171151538041160819

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item