Jaga Perdamaian Dunia, JK Tekankan Pentingnya Islam Moderat


Mantan Wakil Presiden sekaligus Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Jusuf Kalla, menyambut langsung kedatangan para mahasiswa baru UIII. Kepada mahasiswa baru yang datang dari luar negeri maupun asal Indonesia, ia mengajak untuk mempelajari sekaligus mendalami Islam moderat khas Indonesia.

Pria yang akrab disapa JK itu mengingatkan pentingnya menciptakan kedamaian dalam berbangsa dan bernegara. Pesan itu disampaikan di depan 240 mahasiswa baru UIII Tahun Ajaran 2023-2024 di kampus UIII Depok pada Senin (25/9). 

"Karena tidak ada negara yang maju dengan hanya ilmu dan agama. Tapi negara maju tidak ada yang damai tanpa agama," katanya.

Berbicara di hadapan ratusan mahasiswa baru dari berbagai negara, JK menyampaikan ucapan selamat datang. Ia juga mengungkapkan tujuan UII didirikan. 

"Universitas ini didirikan untuk generasi muda Islam di manapun untuk membangun, mengamalkan Islam yang moderat, wasathiah hingga penuh dengan kedamaian dan hingga kita menciptakan dunia yang baik," jelas JK.

JK yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menuturkan, Islam memiliki sejarah yang besar tentang majunya dunia Islam. Melalui UIII, JK mengajak generasi muda Islam untuk bersama-sama menegakkan kembali dunia Islam yang maju.

"Olehnya itu Anda semua harus belajar dengan penuh perhatian, fokus dan serius," tegasnya. 

Dia mengatakan, UIII sebagai kampus negeri akan membantu dan melengkapi para mahasiswa dengan semua hal yang dibutuhkan. Khususnya untuk memperdalam ilmu yang bakal didalami.

Selain itu, JK juga berharap kepada seluruh dosen dan guru besar untuk membina mahasiswa dengan sungguh-sungguh. Utamanya dalam mendapatkan ilmu yang baik agar bermanfaat untuk umat, untuk negara masing-masing. 

"Tentu saja itu menjadi harapan kita semua dalam menciptakan generasi muda Islam yang moderat serta bermanfaat dalam peningkatan kesejahteraan serta kedamaian dunia," tandas JK.

Seperti diketahui, UIII sudah memulai kuliah perdana pada 27 September  lalu. Kampus ini didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 29 Juni 2016 dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). 

UIII merupakan perguruan tinggi berskala internasional yang dirancang sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kampus UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar. Lahan tersebut semula merupakan milik LPP RRI dan berada di Komplek Pemancar RRI Cimanggis. Persisnya terletak di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. 

Related

News 5139713569894661604

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item