Asal Usul Jessica Diduga Racuni Mirna Salihin, Menurut Ahli


Kasus kematian Wayan Mirna Salihin kembali menjadi perhatian masyarakat usai film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffe, and Jessica Wongso dirilis Netflix.

Film tersebut mengulas kembali kisah kasus kopi sianida yang merenggut nyawa Mirna Salihin pada 2016 lalu dengan terpidana Jessica Wongso.

Meski publik merasa ada banyak teori konspirasi dan kejanggalan, Guru Besar Ilmu Hukum Eddy Hiariej menyebutkan bahwa kasus kopi sianida itu sesungguhnya sudah terang benderang.

Wamenkumham itu yakin bahwa Jessica adalah dalang di balik kematian Mirna. Ia menyoroti sikap Jessica yang janggal setelah Mirna tak sadarkan diri usai minum kopi Vietnam di Cafe Olivier Grand Indonesia.

"Saya kira bagi saya kasus itu terang benderang, saya tidak hanya melihat sembilan cctv itu, saya memeriksa keterangan saksi dan ahli, makanya BAP saya lebih dari 200 halaman, ini scintific evidence," ujar Prof. Eddy seperti dikutip dari TvOneNews.

Menurutnya, ada dua metode yang bisa dilakukan untuk membuktikan seseorang berbohong atau tidak. Pertama, dengan lie detector dan kedua dengan paralinguistik. Jessica disebut tampak berbohong jika dilihat dalam paralinguistik.

"Kesaksian manager Olivier kafe begitu Mirna tergeletak dan orang datang, tahu apa pertanyaan Jessica? 'Kalian taruh apa di minumannya Mirna'. Itu kan alam bawah sadar, orang enggak berpikiran demikian, itu dikenal reaksi negatif, itu paralinguistik yang bagi saya terang benderang bahwa Jessica adalah pelaku," kata Prof. Eddy. 

"Kemudian bertemu dengan orang, dia bilang ‘saya enggak membunuh Mirna’," tandasnya. 

Related

News 8268698422452520264

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item