Warga Desa Diperas Jutaan Rupiah Karena Pakai Air untuk Siram Tanaman


Tiga oknum wartawan diamankan warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah karena kepergok melakukan pemerasan terhadap warga. Mereka mempermasalahkan beberapa warga yang menggunakan air untuk menyiram tanaman saat musim kemarau. 

Kepala Desa Pandansari, Irwan Susanto, saat dihubungi, membeberkan kronologi kejadian yang berlangsung pada Kamis (21/9/2023) malam. Dijelaskan, tiga wartawan itu dikepung karena memeras warga, dan selanjutnya diarak keliling kampung. Tiga oknum wartawan itu masing masing HM dari Berita Patroli, K dari Lintas Indonesia dan T dari Media Mitra Mabes. 

Tindakan pemerasan itu bermula pada Kamis (14/9/2023), dimana oknum wartawan tersebut mendatangi rumah warga Desa Pandansari berinisial W. Mereka mempermasalahkan warga desa ini karena menggunakan air untuk menyiram tanaman. Wartawan itu juga mrngintimidasi warga dengan menunjukkan pasal-pasal terkait penggunaan air saat kemarau. 

"Warga dipermasalahkan karena menggunakan air untuk menyiram tanaman. Untuk menakut-nakuti warga, ditunjukkan pasal-pasalnya. Karena takut, warga sepakat memberikan Rp 4 juta kepada wartawan tersebut," ungkap Irwan, Jumat (22/9/2023). 

Tidak berhenti disitu, wartawan tersebut kembali melancarkan aksinya pada Senin (18/9/2023). Mereka mendatangi warga rumah warga berinisial S. Dengan membawa masalah yang sama, warga dimintai uang Rp 15 juta. 

Dengan alasan tidak punya cukup uang, korban S hanya mampu membayar Rp 10 juta dan langsung memberikan panjer Rp 2 juta. Sisanya yang Rp 8 juta akan dibayar hari Kamis (21/9/2023). 

Alih alih dapat uang, mereka justru dikepung oleh warga dan diarak. Warga mengaku geram terhadap tindakan mereka. 

"Minta Rp 15 juta kemudian deal Rp 10 juta, namun baru DP Rp 2 juta. Sisanya dijanjikan hari Kamis tanggal 21 September 2023. Kemudian datanglah hari Kamis untuk menagih uang sisanya Rp 8 juta. Warga geram, akhirnya dikepung lalu diarak ratusan warga ke balaidesa. Jam 00.30 pelaku diamankan ke Polsek Paguyangan," kades menegaskan. 

Related

News 3128856415842474885

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item