Cak Imin, Jadi Cawapres Anies dan Dituduh Mencuri PKB dari Gusdur


Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, telah dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden atau bacawapres mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan.

Pria yang kerap disapa Cak Imin tersebut punya polemik panjang di partai yang ia pimpin sekarang. Ini bermula dari konflik dirinya dengan sang paman, K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Sekitar 18 tahun lalu, pada 2005, Cak Imin terpilih menjadi Ketum PKB yang baru dalam Muktamar yang diselenggarakan di Semarang. Sementara Gus Dur ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syura.

Menurut Hanafi dalam Budiatri dan kawan-kawan  (2018), akar konflik tersebut berawal dari ketidakloyalan Muhaimin terhadap Gus Dur. Kubu Gus Dur pun memecat Cak Imin. Kemudian, lahirlah dua kubu PKB, yakni PKB Gus Dur dan PKB besutan Cak Imin.

Langkah pemecatan tersebut ditentang oleh kubu Muhaimin yang kemudian menggelar Muktamar Luar Biasa (MLB) di Hotel Mercure, Ancol, pada 2008. Pada tahun yang sama, kubu Gus Dur juga menggelar MLB di Parung, Jawa Barat, dan memilih Ali Masykur Musa sebagai Ketum PKB.

Namun, pengadilan memutuskan bahwa PKB Muhaimin yang diakui keberadaannya. Aksi banding hingga level kasasi oleh PKB kubu Gus Dur terkait posisi Cak Imin ditolak Mahkamah Agung (MA).

PKB versi Cak Imin juga secara resmi mendepak anak Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, dari posisi Sekjen PKB pada April 2008.

Pada 2021, beredar video viral di media sosial soal potongan pidato Gus Dur yang secara terbuka menyebut partai yang ia besarkan, PKB, dicuri oleh Cak Imin.

"[...] PKB yang diambil Muhaimin Iskandar, dicuri [...] dicuri dengan bantuan pemerintah," kata Gus Dur yang diikuti tepuk sorai massa, dalam pidato yang beredar YouTube.

Dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi nasional, pada 11 Agustus 2023, keluarga Gus Dur, melalui Yenny Wahid, mengatakan, "Gus Dur yang pendiri partai, disebut oleh Cak Imin guru politiknya, malah dikudeta, apalagi rakyat."

Yenny Wahid mengaku ingin meluruskan sejarah terkait PKB. Yenny Wahid mengatakan Presiden ke-4 RI Gus Dur dikeluarkan oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melalui Muktamar Ancol.

"Saya hanya ingin meluruskan sejarah di mana saat ini seolah-olah ada upaya menghapuskan sejarah PKB, seolah-olah Gus Dur itu masih berada di PKB. Banyak masyarakat yang tidak memahami bahwa Gus Dur, lewat Muktamar Ancol, Gus Dur sebagai pendiri PKB telah dikeluarkan dari PKB," kata Yenny Wahid dalam rekaman suara yang telah dikonfirmasi jubirnya, Imron Rosyadi Hamid.

Menurut penjelasan Yenny Wahid, dari peristiwa dikeluarkannya Gus Dur dari PKB, perlu ada pembelajaran politik bagi masyarakat. Sementara saat ini, bagi Yenny, sejarah dikeluarkannya Gus Dur dari PKB seakan tidak ada.

"Ini kan sejarah ini harus dikemukakan lagi di publik. Gunanya apa? Gunanya untuk melakukan pendidikan politik agar dalam politik itu para politikus mengedepankan etika moral. Ada etika dan ada moral, kalau terhadap pendiri partai saja diperlakukan seperti itu, tentu kita khawatir bagaimana nanti akan memperlakukan rakyat, mendengarkan suara aspirasi, memperjuangkan kepentingan mereka. Kira-kira begitu sih itu yang menjadi keprihatinan saya," beber Yenny.

"Untuk meluruskan sejarah bahwa Gus Dur dikeluarkan PKB oleh Cak Imin tahun 2008, sekarang sudah 18 tahun seolah-olah kejadiannya tidak pernah ada. Saya ingin meluruskan sejarah itu," jelas Yenny.

Dipinang Surya Paloh

Sebelumnya, Cak Imin bercerita momen awal mula Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meminangnya untuk menjadi cawapres Anies Baswedan. Cak Imin menyebut momen menjadi 'the second victim' Surya Paloh itu terjadi sangat cepat.

Menurutnya, mulanya menyampaikan bahwa prosesnya menjadi cawapres berjalan cepat dan lancar. Momen bersejarah itu diungkap Cak Imin dalam deklarasi Anies-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9) kemarin.

"Karena saya selalu biasa berdoa setiap kesempatan saya selalu berdoa Ya Allah berikan jalan yang mudah dan penuh keberkahan untuk perjuangan bangsa Indonesia yang lebih baik dan lebih mulia. Kalau perjuangan yang saya tempuh bersama PKB ini sesuai dengan harapan dan cita-cita maka mudahkanlah dan lancarkanlah. Itu istikhoroh dan doa saya," kata Cak Imin, Minggu (3/9).

Cak Imin mengatakan, saat itu Surya Paloh mengajaknya untuk bertemu. Tak disangkanya, dalam pertemuan itu Surya Paloh memintanya untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024.

"Akhirnya ketemu dalam waktu singkat. Agenda kita perlu bicara blak-blakan. Anda tahu saya dan saya tahu Anda. Wah ngajak perang Bang Surya ini. Saya tidak suka siasat-siasatan lagi. Apa istilahnya siasat lagi? Saya tidak suka muslihat-muslihat lagi. Kamu jangan suka muslihat-muslihatan dan saya tidak akan muslihat-muslihatan sama kamu. Sebagai junior kepada senior, tentu saya sangat bahagia," jelasnya.

Cak Imin mengaku kesulitan menjawab saat diminta menjadi cawapres Anies. Surya Paloh, kata dia, memintanya untuk menjawab pinangan detik itu juga. Padahal, Cak Imin terlebih dahulu harus meminta izin kepada para seniornya di PKB.

"Tetapi yang agak menyulitkan adalah saya diminta jawaban detik itu juga. Saya batin saya beda dong. Bang Surya paling senior di NasDem. Di saya, masih ada senior, seniornya seniornya, seniornya. Masih banyak seniornya para kyai para masaikh," ungkapnya.

Ia mengaku, pada saat bimbang, Surya Paloh seperti melontarkan ancaman jika tidak segera memberikan jawaban. Surya Paloh, kata dia, menyatakan tidak akan menemuinya lagi jika tidak mau menyambut tawaran itu.

"Tapi Bang Surya bilang. Kalau kamu nggak mau salaman, berarti selamanya kita tidak akan hidup ketemu lagi. Kalau kamu oke, saya yakin jamin Insya Allah menang dan Indonesia akan lebih baik," kata Cak Imin.

Mendengar ancaman dan keyakinan akan menang dari Surya Paloh, Cak Imin pun mengaku saat itu langsung memutuskan menerima pinangan tersebut. Dia langsung menjabat tangan Surya Paloh sebagai tanda bersedia menjadi cawapres Anies.

"Ya kalau sudah begitu, salaman Indonesia yang lebih baik," ungkap dia.

Related

News 1374149455023757908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item