Timeline Arab Saudi, dari Sangat Islami Menuju Modernisasi (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Timeline Arab Saudi, dari Sangat Islami Menuju Modernisasi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Wanita diberi KTP

2001 Desember - Pemerintah mengeluarkan KTP untuk perempuan untuk pertama kalinya.

2002 Mei - KUHP yang direvisi mencakup larangan penyiksaan dan hak tersangka atas perwakilan hukum, tetapi pelanggaran terus berlanjut.

Oktober 2003 - Polisi membubarkan unjuk rasa yang belum pernah terjadi sebelumnya di pusat kota Riyadh yang menyerukan reformasi politik, sebulan setelah lebih dari 300 intelektual Saudi - wanita maupun pria - menandatangani petisi yang menyerukan perubahan.

November 2003 - King memberikan kekuasaan yang lebih luas kepada Dewan Konsultatif, memungkinkannya untuk mengusulkan undang-undang tanpa izinnya.

2004 Februari - Penyerbuan haji menyebabkan 251 orang tewas.

Wanita Menjadi Menteri

November 2005 - Organisasi Perdagangan Dunia memberikan lampu hijau kepada keanggotaan Arab Saudi setelah 12 tahun pembicaraan.

Februari 2009 - Raja Abdullah memecat kepala polisi agama, hakim paling senior dan kepala bank sentral dalam perombakan pemerintah yang jarang terjadi. Juga mengangkat menteri wanita pertama di negara itu.

Atlet Wanita Diizinkan Berkompetisi

Juni 2012 - Arab Saudi setuju untuk mengizinkan atlet wanita berkompetisi di Olimpiade untuk pertama kalinya.

Februari 2013 - Raja Abdullah melantik 30 wanita di dewan penasihat Syura yang sebelumnya semuanya pria - pertama kalinya wanita dapat memegang jabatan politik apa pun.

September 2014 - Arab Saudi dan empat negara Arab lainnya ambil bagian bersama dengan Amerika Serikat dalam serangan udara terhadap benteng militan ISIS di Suriah.

2015 Januari - Raja Salman naik tahta setelah Raja Abdullah meninggal.

Maret 2015 - Arab Saudi meluncurkan kampanye serangan udara terhadap pemberontak Houthi di Yaman.

Konflik di Yaman dan BES Dipimpin Wanita

Juni 2016 - Sebuah laporan PBB menuduh koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak Houthi di Yaman membunuh dan melukai ratusan anak.

Februari 2017 - Bursa Efek Saudi dan bank besar menyebut wanita sebagai kepala eksekutif mereka.

Juni 2017 - Arab Saudi memicu krisis diplomatik dengan memimpin blokade udara, darat dan laut oleh negara-negara Arab, dalam upaya untuk membuat Qatar memutuskan dugaan hubungannya dengan terorisme dan menjauhkan diri dari Iran.

Pangeran MBS Naik Takhta dan Bioskop Dibuka

Juni 2017 - Arab Saudi memicu krisis diplomatik dengan memimpin blokade udara, darat dan laut oleh negara-negara Arab, dalam upaya untuk membuat Qatar memutuskan dugaan hubungannya dengan terorisme dan menjauhkan diri dari Iran. Raja Salman manaruh putranya Mohammed bin Salman (MBS) di baris pertama takhta.

September 2017 - Larangan bagi wanita mengemudi secara resmi dicabut.

November 2017 - Pembersihan kepemimpinan politik dan bisnis kerajaan digerakkan oleh Pangeran Mohammed untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya.

April 2018 - Bioskop publik kembali tayang, hampir 40 tahun setelah dilarang karena dianggap tidak Islami.

Oktober 2018 - Pembunuhan reporter Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul menyebabkan protes internasional.

September 2019 - Dua kilang minyak utama rusak dalam serangan udara, diklaim oleh gerakan Houthi Yaman. Arab Saudi, AS, Inggris, Prancis, dan Jerman menuduh Iran bertanggung jawab.

Desember 2019 - Lima orang dijatuhi hukuman mati dan tiga lainnya dipenjara karena pembunuhan Jamal Khashoggi, dalam persidangan yang dikutuk oleh pelapor khusus PBB sebagai penyamaran.

Agustus 2020 - Pangeran MBS menggelorakan kampanye antikorupsi. Dua anggota kerajaan dipecat akibat korupsi. Belakangan, sejumlah ulama ditangkap, termasuk Qari ternama Sheikh Abdullah Basfar.

September 2020 - Pengadilan Arab Saudi batal menjatuhkan hukuman mati terhadap 5 terdakwa pembunuhan wartawan veteran Saudi, Jamal Khashoggi. Kelima terdakwa itu hanya diberi hukuman 20 tahun penjara.

Related

International 7359039339485981100

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item