Terseret Kasus Miss Universe Indonesia, Fabienne Nicole Buka Suara


Juara Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole, ikut terseret dengan berbagai kabar tak sedap terkait kemenangannya. Apa kata Fabienne?

Fabienne Nicole terpilih sebagai pemenang Miss Universe Indonesia 2023 pada malam final yang digelar di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, pada Kamis (3/8/2023) malam. Fabie, begitu dia biasa disapa, menjadi wanita pertama yang meraih gelar tersebut. Dia akan mewakili Indonesia di ajang Grand Final Miss Universe 2022 di El Salvador.

Setelah namanya dinyatakan sebagai pemenang, muncul berbagai kabar tak sedap terkait Miss Universe Indonesia 2023. Mulai dari skandal finalis diminta tanpa busana dan difoto saat body checking, hingga pembahasan mengenai tinggi badan Fabienne Nicole yang disebut tak memenuhi syarat.

Fabienne sendiri menerima berbagai komentar bullying di media sosial. Netizen berkomentar buruk mengenai tinggi badan dan penampilannya.

Melalui unggahan Instagram Story, Fabienne Nicole menuliskan sederet kata-kata seolah menjawab berbagai pertanyaan fans dan orang-orang yang peduli pada kesehatan mentalnya. Fabie mengucapkan terima kasih pada perhatian dan dukungan mereka semua.

"I just wanna say thank you to those supporting me and checking up on me. I am fine," tulis wanita kelahiran Belanda, 27 Desember 1999 itu.

Fabienne mengaku senang membaca semua pesan dukungan yang dikirimkan kepadanya. Baginya pesan-pesan tersebut sangat berarti.

Saat ini ketimbang menanggapi berbagai komentar tak sedap soal dirinya, Fabienne memilih fokus pada persiapan menuju Grandfinal Miss Universe 2023 di El Salvador. Final Miss Universe 2023 rencananya digelar pada 27 November 2023.

Klarifikasi Soal Tinggi Badan Fabienne Nicole

Hukan kritik datang setelah ramai unggahan National Director Miss Universe Indonesia Bali Sally Giovanny di Instagram Story, beberapa waktu lalu. Dalam unggahannya, dia mempermasalahkan tinggi badan Fabienne yang tidak sampai 168 cm.

Padahal sebelumnya pihak penyelenggara mengumumkan bahwa salah satu syarat tinggi badan kontestan minimal 168 cm.

"Peraturan dibuat untuk dilanggar memang benar adanya," tulis Sally yang mengunggah daftar persyaratan kontestan dan melingkari poin soal tinggi badan.

Menanggapi kritikan tersebut, Direktur Miss Universe Indonesia Poppy Capella memberikan klarifikasi lewat surat terbuka yang disampaikan lewat akun Instagram. Dia mengaku memang telah menghilangkan aturan tinggi badan untuk para kontestan.

Berikut penjelasan Poppy Capella:

Sebagai direktur nasional untuk Miss Universe Indonesia, saya ingin memberitahukan perubahan signifikan dalam panduan kompetisi tahun ini. Dikarenakan sejumlah direktur provinsi kami, yang telah menggelar kompetisi lebih awal, telah memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan tinggi badan sebelumnya.

Acara ini diselenggarakan dengan itikad baik, dan tidak adil untuk mendiskualifikasi pemenangnya berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak esensial.

Untuk menegakkan integritas kompetisi lokal dan mengakomodasi semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum. Perubahan ini bukan semata-mata sebagai tanggapan atas hasil dari kegiatan tingkat provinsi tahap awal, tetapi juga merupakan cerminan dari komitmen kami terhadap inklusivitas baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Oleh karena itu, kami merevisi pedoman kami untuk menghilangkan persyaratan tinggi badan minimum di semua tahapan kompetisi.

Related

News 6441090013079256661

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item