Tere Liye Kritik Jokowi, Ingatkan Agar Tak Bikin Informasi Sesat


Penulis terkenal Tere Liye melayangkan kritik pedas kepada Presiden Jokowi atas pernyataannya yang dianggap menyesatkan.

Tere Liye mengatakan bahwa pernyataan Jokowi yang menyebut IKN proyek terbesar di dunia saat ini adalah sesuatu yang menyesatkan. Bahkan Tere Liye pun mengingatkan agar Jokowi tidak perlu melakukan klaim yang terlalu dramatis karena tidak memiliki manfaat.

Kritik sang penulis itu disampaikannya melalui unggahan di akun medsos pribadi miliknya. Melalui unggahan itu, sang penulis novel Negeri Para Bedebah yang pernah heboh itu menyampaikan keluh kesahnya atas pernyataan Jokowi yang dianggapnya menyesatkan.

“Saya khawatir nanti ada yang melaporkan ke polisi, bahwa Bapak berbohong. Karena pernyataan ini menyesatkan,” tulis Tere Liye seperti dikutip dari akun Instagram @tereliyewriter.

Ia kemudian membandingkan IKN dengan proyek NEOM yang menelan biaya hingga Rp8000 T dan sudah melunasi hutangnya.

“Bapak tahu NEOM? Luas proyek 26.500 km2, nilai proyek 8.000 trilyun. Lunas sudah itu utang Indonesia,” tegasnya

“Secara matematis, NEOM tidak perlu ngutang, PIF induknya punya duit lebih banyak dari biaya tersebut,” ungkapnya lagi.

Bahkan lebih jauh, Tere Liye seolah menantang Jokowi dengan memintanya untuk mencari tahu tentang proyek-proyek dunia lainnya sembari mengingatkan agar tidak kaget. “Dan silahkan cari proyek-proyek dunia lainnya. Nanti kaget sendiri,” tulis Tere Liye.

Di akhir tulisan dalam unggahan di akun medsos miliknya, Tere Liye dengan tegas meminta agar Jokowi berhenti mempertunjukkan klaim dramatis yang tidak memiliki manfaat sama sekali.

“Klaim-klaim dramatis begini, ayolah dikurangi. Tidak banyak manfaatnya,” sebut Tere Liye.

Sang penulis yang pernah membuat heboh dengan salah satu novelnya itu, mengatakan bahwa sesungguhnya orang-orang yang berprestasi tidak membutuhkan pujian. Mereka akan bekerja dengan penuh kesungguhan dan etos yang baik.

“Karena sesungguhnya, orang-orang yang berprestasi, benar-benar bekerja baik, dia tidak memerlukan puja-puji dari orang lain. Lebih-lebih jika klaim-klaim itu bohong. Kasihan, netizen kita itu literasinya masih begitulah. Banyak diantara netizen yg mengunyah langsung apapun yg dibilang elit-elit di sini,” ujar Tere Liye.

Sebagaimana diketahui, Jokowi mengatakan bahwa proyek terbesar yang ada saat ini hanya ada di Indonesia yang bernama IKN.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Nasional Persatuan Real Estate Indonesia (REI) ke XVII Tahun 2023 di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Agustus 2023.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa sebanyak 34.000 hektar lahan di IKN sudah dibeli untuk keperluan pembangunan di Ibukota Nusantara itu.

Related

News 5787104024418372969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item