Sinopsis dan Review Novel Sad Cypress (Mawar Tak Berduri) Karya Agatha Christie


"Sad Cypress" adalah novel detektif karya Agatha Christie yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1940. Novel ini menampilkan karakter detektif terkenal Hercule Poirot yang terlibat dalam sebuah kasus misterius pembunuhan di sebuah rumah besar di Inggris.

Cerita dimulai ketika seorang wanita bernama Elinor Carlisle didakwa atas pembunuhan sahabatnya, Mary Gerrard. Elinor adalah pewaris kaya dari rumah besar Hunterbury, sementara Mary adalah pelayan di rumah tersebut.

Peristiwa tragis itu terjadi di Hunterbury saat keluarga Angkat Elinor, Laura dan pengacara suaminya, Roddy Welman, datang untuk mengunjungi. Selama kunjungan itu, Roddy Welman mulai dekat dengan Mary Gerrard, pelayan yang cantik dan cerdas.

Segera setelah itu, Mary jatuh sakit secara misterius dan kemudian meninggal dunia. Penyebab kematiannya dianggap sebagai keracunan strychnine dari kue yang dia makan. Setelah itu, Elinor didakwa atas pembunuhan Mary karena diduga cemburu atas hubungannya dengan Roddy.

Pada saat sidang berlangsung, Elinor tampaknya berada di ambang kehancuran karena banyak bukti yang menunjukkan dia bersalah. Dia terlihat putus asa dan hampir kehilangan harapan akan mendapatkan keadilan.

Namun, Miss Emily Trefusis, sepupu dari keluarga Angkat Elinor, merasa bahwa Elinor tidak bersalah dan memutuskan untuk mencari bantuan dari Hercule Poirot. Emily yakin bahwa ada sesuatu yang aneh di balik pembunuhan itu dan ingin Poirot membuktikan bahwa Elinor tidak bersalah.

Poirot segera tertarik dengan kasus ini dan mulai menyelidiki latar belakang Elinor, Mary, dan semua orang yang ada di Hunterbury pada saat itu. Dia menemukan banyak hal yang menarik dan mencurigakan tentang orang-orang di sekitar Elinor dan Mary.

Poirot menemukan bahwa sebelum kematiannya, Mary telah meninggalkan wasiat untuk memberikan sejumlah besar uang kepada Elinor. Wasiat ini menimbulkan motif yang jelas bagi Elinor untuk membunuh Mary. Namun, Poirot merasa ada sesuatu yang lebih rumit dan tidak biasa di balik pembunuhan itu.

Dalam upaya untuk mencari tahu kebenaran, Poirot mengunjungi Hunterbury dan melakukan wawancara dengan semua orang yang ada di rumah itu saat pembunuhan terjadi. Dia mengumpulkan bukti-bukti yang ada dan berbicara dengan orang-orang di desa sekitar untuk mencari tahu lebih lanjut tentang latar belakang Elinor dan Mary.

Selama penyelidikannya, Poirot menemukan banyak rahasia kelam dan intrik di balik kasus tersebut. Dia menemukan bahwa ada banyak hal yang tersembunyi dan tidak terlihat dari pandangan pertama, dan banyak orang yang memiliki motif untuk membunuh Mary.

Poirot juga menemukan bahwa seorang pria misterius bernama Dr. Peter Lord telah mencintai Elinor selama bertahun-tahun. Dia mencurigai bahwa Dr. Lord mungkin terlibat dalam pembunuhan itu, tetapi dia tidak yakin tentang motifnya.

Saat penyelidikannya berlanjut, Poirot menemukan bukti-bukti baru yang mengejutkan dan akhirnya mengungkap identitas pembunuh sebenarnya. Dia menyusun strategi yang cermat dan akhirnya menghadapi pembunuh untuk mengungkap fakta yang mengguncangkan.

Dalam akhir yang mengejutkan, terungkap bahwa motif di balik pembunuhan tersebut melibatkan cinta, iri hati, dan dendam masa lalu. Poirot berhasil menemukan kebenaran di balik semua intrik dan tipu muslihat yang rumit.

"Sad Cypress" adalah novel detektif yang menarik dengan alur yang rumit dan menegangkan. Agatha Christie berhasil menciptakan atmosfer misterius yang menegangkan di Hunterbury dan menghadirkan teka-teki yang menantang pembaca hingga akhir.

Hercule Poirot, sebagai detektif yang brilian dan cerdas, terus mengesankan pembaca dengan kemampuannya dalam memecahkan misteri yang rumit dan tidak terduga. Dengan plot yang menarik dan twist yang tak terduga, "Sad Cypress" adalah salah satu karya yang menonjol dalam panjang karier Agatha Christie sebagai salah satu penulis misteri terkenal dalam sejarah sastra.

Novel ini menyajikan permainan akal-akalan yang menarik dan menantang, dan akan membuat pembaca terus bertanya-tanya hingga akhir cerita. Dengan twist yang tak terduga, "Sad Cypress" adalah sebuah novel detektif yang menghibur dan layak dibaca bagi para penggemar Agatha Christie dan para pecinta misteri.

Related

Books 7703401209319415739

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item