Sinopsis dan Review Novel The Moving Finger (Pena Beracun) Karya Agatha Christie


"The Moving Finger" (Jari-jari yang Bergerak) adalah novel detektif karya Agatha Christie yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1942. Novel ini menampilkan tokoh detektif amatir Miss Jane Marple yang terjebak dalam sebuah misteri di sebuah desa kecil bernama Lymstock.

Cerita dimulai ketika saudara laki-laki Jerry Burton, seorang pilot Angkatan Udara Inggris, dan adik perempuannya, Joanna Burton, pindah ke Lymstock untuk tinggal sementara. Jerry sedang dalam proses pemulihan setelah mengalami kecelakaan pesawat dan mereka berdua ingin tinggal di tempat yang tenang untuk beristirahat.

Namun, ketenangan Lymstock berubah ketika Jerry menerima surat yang mengancam dan menyakitkan yang menyebut dia dan Joanna sebagai "pasangan liar". Surat tersebut membuat keributan di desa, dan mereka berdua merasa sangat tersinggung oleh tuduhan itu.

Jerry dan Joanna tidak tahu siapa yang mengirim surat tersebut dan mengapa mereka menjadi sasaran dari tuduhan tersebut. Mereka memutuskan untuk meminta bantuan Miss Jane Marple untuk menyelidiki dan menemukan pengirim surat tersebut.

Marple, seorang wanita tua yang bijaksana dan terkenal di Lymstock karena kemampuannya dalam memecahkan misteri, menerima tawaran Jerry untuk membantu menyelidiki kasus tersebut. Dia mulai mengamati kehidupan penduduk desa dan mencari tahu lebih lanjut tentang hubungan mereka dengan Jerry dan Joanna.

Pada saat yang sama, lebih banyak surat ancaman muncul di Lymstock, dan surat-surat itu mulai menargetkan orang-orang lain di desa, termasuk beberapa keluarga kaya dan tokoh terhormat. Surat-surat itu menyebabkan kebingungan dan kecurigaan di antara penduduk desa.

Marple mulai mengumpulkan bukti-bukti dan informasi dari para penduduk desa dan mencari tahu apakah ada motif atau rahasia tersembunyi di balik surat-surat itu. Dia menemukan bahwa semua orang di desa memiliki rahasia dan motif tersendiri, dan dia mencurigai bahwa ada lebih dari satu orang yang terlibat dalam kasus ini.

Selama penyelidikannya, Marple menemukan banyak rahasia kelam dan intrik di balik kasus tersebut. Dia menemukan bahwa ada banyak orang yang memiliki motif untuk mengirim surat-surat ancaman, dan mereka tampaknya berusaha mencemarkan nama baik beberapa penduduk desa.

Pada saat yang sama, Marple juga mencurigai bahwa ada sesuatu yang tidak beres di rumah di seberang jalan dari tempat tinggal Jerry dan Joanna. Rumah tersebut ditempati oleh Miss Emily Barton, seorang wanita tua yang menjalani hidup yang sangat tertutup dan terisolasi. Marple merasa bahwa ada sesuatu yang disembunyikan di balik kehidupan sepi Emily Barton.

Melalui pembicaraan dengan para saksi dan analisis bukti-bukti yang ada, Marple secara perlahan-lahan mengungkap kebenaran di balik kasus ini. Dia menyusun strategi yang cermat dan akhirnya menghadapi orang-orang yang terlibat dalam kasus tersebut untuk mengungkap fakta yang mengguncangkan.

Dalam akhir yang mengejutkan, terungkap bahwa motif di balik surat-surat ancaman itu melibatkan dendam masa lalu, cinta terlarang, dan rahasia yang telah lama terpendam. Marple berhasil menemukan kebenaran di balik semua intrik dan tipu muslihat yang rumit.

Marple menunjukkan kecerdikan dan kecermatannya dalam menyelidiki kasus ini. Dia menggunakan pengetahuannya tentang manusia dan sifat manusia untuk mengidentifikasi motif dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam kasus ini.

"The Moving Finger" adalah novel detektif yang menarik dengan alur yang rumit dan menegangkan. Agatha Christie berhasil menciptakan atmosfer misterius di desa kecil Lymstock dan menghadirkan teka-teki yang menantang pembaca hingga akhir.

Miss Jane Marple, sebagai detektif amatir yang cerdas dan berpengalaman, terus mengesankan pembaca dengan kemampuannya dalam memecahkan misteri yang rumit dan tidak terduga. Dengan plot yang menarik dan twist yang tak terduga, "The Moving Finger" adalah salah satu karya yang menonjol dalam panjang karier Agatha Christie sebagai salah satu penulis misteri terkenal dalam sejarah sastra.

Novel ini menyajikan permainan akal-akalan yang menarik dan menantang, dan akan membuat pembaca terus bertanya-tanya hingga akhir cerita. Dengan twist yang tak terduga, "The Moving Finger" adalah sebuah novel detektif yang menghibur dan layak dibaca bagi para penggemar Agatha Christie dan para pecinta misteri.

Related

Books 2486363013856010316

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item