Berapa Sebenarnya Penghasilan Youtuber? Ini Penjelasannya


Youtube adalah situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada 2005. Situs yang biasa digunakan sebagai hiburan dan sarana informasi ini konon bisa “menggaji” para kreator alias Youtubernya dengan nominal uang yang fantastis. Benarkah demikian?

Di masa pandemi, banyak sekali artis dan public figure yang mengaku bergantung penghasilannya kepada Youtube. Tidak heran kalau banyak orang awam yang kemudian berharap hingga ratusan juta per bulan dari AdSense tanpa perlu ngantor.

Adsense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor. Penghasilan dari Youtube bukan hanya berdasarkan jumlah klik ataupun view pada iklan yang muncul, melainkan juga berdasarkan negara, topik video, dan harga iklan itu sendiri.

Selain adsense, youtuber juga mendapat penghasilan dari menjual produk sendiri, affiliate marketing, dan sponsor.

Kamu harus mengetahui lebih detil mengenai setiap sumber pemasukan youtuber agar tidak salah fokus dalam membangun kanal youtube. Karena membangun sebuah channel yang sukses adalah proses yang panjang!

Penghasilan Youtuber di Indonesia

Ada yang menyebutkan jika penghasilan youtuber kasarnya mendapatkan 1 USD per 1.000 views.

Namun sayangnya, angka ini merupakan angka yang ada bertahun-tahun lalu. Jujur saja, saat ini algoritma Youtube sudah jauh lebih pintar bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, sehingga seringkali sulit untuk menentukan pendapatan Youtuber hanya dari views mereka.

Bahkan dalam beberapa ‘teori’ dikatakan bahwa semakin populer isi dari kontenmu maka semakin besar nilai yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi sebenarnya memang tidak ada yang benar-benar tahu berapa jumlah pendapatan dari adsense per view.

Tapi salah satu hal yang barangkali di antara kamu banyak yang mengeluhkan adalah jumlah views video sudah mencapai puluhan ribu, tetapi pendapatan masih di angka belasan dollar atau bahkan di bawah 10 dollar. Kenapa?

Hal tersebut terjadi karena Indonesia memiliki effective cost per mille yang rendah dibandingkan negara lain, apalagi Amerika yang bayaran per 1000 views bisa mencapai 1 sampai 7 USD.

Di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar 7.000 rupiah per 1.000 tayangan. Maka kalau video kamu mendapat 1 juta views, pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp7.000.000. Angka tersebut merupakan perkiraan, namun lebih realistis dibanding 1 USD per 1.000 views.

Angka tadi bisa didapat berdasarkan dua faktor penting dalam penayangan iklan: CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click).

Pembayaran Biaya per Seribu Tayang dan Biaya per Klik

Biaya per Seribu adalah uang dihasilkan per 1.000 view ke video kamu. Untuk youtuber Amerika, BPS biasanya berkisar di 2 USD per 1000 view.

Berbeda untuk pasar Indonesia yang tentunya lebih rendah, BPS youtuber Indonesia biasanya berkisar di 0,5 USD per 1.000 view. Atau 7.000 rupiah per 1.000 tayangan.

Biaya per Klik adalah uang yang dihasilkan per klik iklan di video atau channel kamu. Untuk youtuber Indonesia, BPK berkisar di 5.000 rupiah. Permasalahan yang ada di sini adalah, untuk setiap 1.000 tayangan, kamu biasanya hanya akan mendapat 3 klik, alias CTR yang hanya 0,3%.

Rumus pendapatannya adalah RPM (Revenue Per Thousand Impression pendapatan rata-rata yang bisa didapatkan dari setiap 1.000 impresi) = penghasilan bersih/jumlah tampilan halaman x 1.000.

Penghasilan Publisher Adsense (RPM) yang diperoleh youtuber Indonesia berkisar antara $1–$5, ini juga tergantung dimana wilayah kamu tinggal, jenis konten, relevansi iklan, dan lamanya iklan tayang pada setiap video. 

Pendapatan Lain Youtuber

Dari banyaknya Youtuber yang menghasilkan pundi-pundi, sebagian besar ada yang menyebutkan dari mana saja mereka bisa mendapatkan penghasilan. Ternyata adsense merupakan bagian kecil dari pendapatan mereka.

Adapun pendapatan lain yang bisa didapatkan oleh seorang Youtuber adalah dari endorsement, iklan, hingga saat kolaborasi. Ada pula beberapa Youtuber yang mengenakan tarif khusus apabila ingin dijadikan bintang tamu di kanal Youtube lain.

Selain itu, Youtuber yang sering melakukan review juga kadang mendapatkan kekayaan dalam bentuk produk. Sebut saja reviewer laptop dan ponsel cerdas, seringkali mendapatkan produk secara cuma-cuma untuk di-review.

Related

Internet 6260251760656688644

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item