TikTok Sukses, Bytedance Siapkan Aplikasi Saingan Instagram


ByteDance, pemilik aplikasi video populer TikTok dan versinya di pasar China, yaitu Douyin, meluncurkan platform media sosial baru yang dirancang untuk pengguna muda. Aplikasi tersebut ditujukan untuk berbagi gaya hidup dan hobi pengguna.

Aplikasi yang disebut "Kesong" itu berarti croissant dalam bahasa mandarin, yaitu platform baru untuk mempublikasikan foto dan teks tentang topik seperti tren pakaian, kiat berselancar, dan mainan baru.

Hal tersebut diketahui dari pendaftaran yang dilakukan oleh anak perusahaan ByteDance Beijing Weibo Shijie Technology Co, demikian dikutip dari South China Morning Post.

Ini menjadi aplikasi ByteDance baru yang mirip dengan Xiaohongshu, platform media sosial menyerupai Instagram yang populer di China.

ByteDance yang berbasis di Beijing tidak segera menanggapi permintaan komentar yang diajukan SCMP.

Berdasar bocoran dari platfrom baru ini, menyiratkan bahwa layanan akan segera diluncurkan dan siap menyambut pengguna untuk bergabung dengan komunitas online musim panas ini.

Aplikasi baru menampilkan slogan "gaya hidup baru untuk anak muda", menurut laporan 36kr. Ini menandai upaya terbaru ByteDance untuk memperkenalkan layanan mirip Instagram di pasar smartphone dan internet terbesar di dunia, serta ekonomi terbesar kedua. . 

ByteDance sebelumnya meluncurkan aplikasi serupa, Xincao, pada 2018 dan Xintu pada 2019, tapi gagal dan akhirnya dihentikan.

Bersaing melawan Xiaohongshu saat ini tampak seperti tantangan berat bagi Kesong. Didirikan pada tahun 2013, Xiaohongshu telah menjadi platform media sosial utama bagi Generasi-Z di China, dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan.

Meskpun kerap gagal di negara asalnya, aplikasi kembaran Instagram rilisan Bytedance sukses di negara lain. Di Jepang dan beberapa pasar di Asia Tenggara, aplikasi Lemon8 yang tadinya bernama Sharee melaporkan jumlah pengguna yang terus tumbuh.

Related

Internet 2158821216647471005

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item