Kisah Pencarian dan Penangkapan Pelaku Teror Hotel Mumbai India


Dalang teror di Hotel Mumbai dan Hotel The Taj di India akhirnya ditemukan. Kasus teror ini terjadi pada 26 sampai 29 November 2008. Tak hanya dua lokasi tersebut, teror juga terjadi di beberapa tempat lainnya di India. Serangan teror tersebut menewaskan sekitar 174 orang tewas dan lebih dari 327 orang mengalami luka-luka.

Satu per satu pelaku teror di Mumbai, India, berhasil ditangkap. Butuh waktu yang panjang untuk mencari dan menangkap pelaku teror. Berikut perjalanan penangkapan pelaku teror di Mumbai yang membutuhkan waktu bertahun-tahun:

India Rilis Foto Pelaku

Teror di Hotel Mumbai terjadi pada November 2008. Sebulan kemudian, kepolisian India merilis foto-foto pelaku tersebut. Kepolisian India juga menyebut kota asal mereka, yaitu Pakistan.

Banyak yang menduga bahwa serangan teror ini didalangi oleh kelompok militan Pakistan, Lashkar-e-Taiba. Kelompok itu diduga mendanai serangan teror dan melatih para penyerang.

Kepala Kepolisian Mumbai, Rakesh Maria, menjelaskan informasi mengenai para pelaku teror Mumbai diperoleh dari Mohammed Ajmal Amir Iman, satu-satunya pelaku yang ditangkap hidup-hidup. 

"Mereka semua mendapatkan nama alias selama pelatihan untuk mencegah mereka saling tahu nama asli masing-masing," kata Maria

Amerika Beri Imbalan 

Hingga November 2018, pelaku teror Mumbai belum semua ditemukan. Untuk itu, Amerika Serikat memberikan imbalan bagi siapa saja yang memiliki informasi terkait pelaku teror.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, mengatakan bahwa AS menawarkan hadiah sebesar USD 5 juta (setara Rp72 miliar) untuk siapa pun yang berhasil membantu penangkapan pelaku terkait.

Penawaran itu sudah ketiga kalinya dilakukan AS. Pertama mengumumkan imbalan senilai USD 10 juta (setara Rp144 miliar) untuk penangkapan pemimpin Lashkar-e-Tayyiba (LeT), Hafiz Mohammad Saeed, dan hadiah senilai USD 2 juta untuk penangkapan Hafiz Abdul Rahman Makki, pemimpin senior lain kelompok itu.

Pernah Menangkap Komandan Senior Lashkar-e-Taiba

Meskipun pernah menolak mendalangi teror di sejumlah tempat di India, ternyata Komandan Senior Lashkar-e-Taiba malah ditangkap pada Desember 2008.

Komandan Senior Lashkar-e-Taiba itu bernama Zaki ur Rehman Lakhvi. Menurut laporan dari media India, Lakhvi adalah satu-satunya orang bersenjata yang selamat dalam serangan mematikan di Mumbai waktu itu. Ia ditangkap bersama 14 orang lainnya saat penyerbuan di kamp di wilayah Kashmir.

Lakhvi ditangkap di sebuah kompleks yang dikelola oleh Jamaat-ud-Dawa, sebuah yayasan yang dikenal kalangan luas sebagai sayap politik Lashkar-e-Taiba, di luar Muzaffarabad, ibukota Kashmir yang masuk wilayah Pakistan.

Satu Pelaku Teror Ditangkap

Aparat Pakistan menangkap Hafiz Saeed, dalang peristiwa teror Mumbai yang terjadi pada 2008 silam. Padahal pada 2017, Hafiz Saeed dan empat pembantunya ditahan oleh pemerintah Pakistan di bawah undang-undang teror.

Tetapi mereka dibebaskan setelah hampir 11 bulan ketika Dewan Peninjauan Kembali Punjab menolak untuk memperpanjang kurungan mereka lebih lanjut.

Saaed yang juga dikenal sebagai ulama radikal sempat menjadi target buron bersama oleh pemerintah India, Pakistan, dan Amerika Serikat (AS), setelah menargetkan bom bunuh diri dan menyita paksa Hotel The Taj di pesisir Mumbai pada 2008, menyebabkan 174 orang tewas.

Tahun 2019, Saeed ditangkap hanya beberapa hari sebelum Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bertolak ke Washington DC, memenuhi undangan Presiden AS Donald Trump.

Pejabat kontraterorisme Mohammad Shafiq mengatakan Hafiz Saeed ditahan di Provinsi Punjab, ketika ia bepergian dari kota timur Lahore ke Kota Gujranwala. Kemudian Saeed dibawa ke hadapan seorang hakim yang memerintahkan penahanan dirinya sampai sidang berikutnya.

Saeed sedang melakukan perjalanan ke Gujranwala dari Lahore untuk menghadap pengadilan anti-terorisme, ketika dia ditangkap oleh Departemen Anti Terorisme (CTD) Provinsi Punjab Pakistan. 

Related

International 8768216166321738069

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item