Pendiri Wikipedia: Situs ini Sudah Tidak Bisa Dipercaya


Lary Sanger, salah satu pendiri Wikipedia, memperingatkan masyarakat luas agar berhati-hati ketika mengunjungi situs buatannya itu. Ia mengatakan informasi yang ada di Wikipedia tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

“Apakah kamu akan dan bisa percaya bahwa situs ini (Wikipedia) selalu berisi kebenaran? Ini akan sangat bergantung tentang apa yang kamu yakini sebagai suatu kebenaran,” kata Sanger dikutip dari Sputnik News.

Menurut Sanger, jika hanya ada satu versi fakta, maka hal ini akan memberikan keuntungan bagi mereka yang memiliki kekuasaan dan kapital untuk mengendalikan sesuatu, salah satunya Wikipedia yang bisa menberi legitimasi bagi kekuasaan mereka.

“Sebagi contoh, pada artikel Joe Biden, kamu akan melihat bahwa situs ini (Wikipedia) hanya memiliki sedikit sudut pandang dari partai republik terhadap dirinya. Jadi kamu tidak akan menemukan pandangan Partai Republik terhadap Biden pada situs ini,” kata Sanger.

Sanger juga memberikan pengakuan bahwa ada sejumlah perusahaan yang membayar penulis dan editor untuk mengubah artikel yang ada di Wikipedia. Sanger merasa Wikipedia tidak sama dengan yang ia harapkan saat pertama kali diciptakan.

Related

News 8688330707684820014

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item