Mengenal Zaman Devon, Periode Kepunahan Massal di Muka Bumi


Naviri Magazine - Kehidupan Bumi tidak selamanya stabil, dan kenyataan itu telah dimulai jutaan tahun lalu. Berbagai perubahan iklim, fenomena alam, bencana, serta berbagai penyebab lain, telah mengubah wajah Bumi dalam berbagai era. 

Setelah mengalami Zaman Ordovisum yang menandai punahnya makhluk-makhluk awal di muka Bumi, planet ini kemudian kembali menumbuhkan kehidupan. Tetapi, kemudian, Bumi mengalami suatu era yang disebut Zaman Devon, yang menjadi periode kepunahan berikutnya.

Zaman Devon terjadi sekitar 359 juta tahun yang lalu, yang dikenal Zaman Devon. Hujan meteor yang bertubi-tubi diyakini salah satu penyebab kepunahan massal pada zaman ini, selain beberapa penyebab lain seperti global anoxia (menurunnya jumlah oksigen secara drastis), meningkatnya aktivitas tektonik lempeng, perubahan muka laut, dan juga perubahan iklim. Akibat perubahan tersebut, diperkirakan sekitar 75% makhluk hidup menyerah dan punah.

Kepunahan pada periode ini diyakini lebih memberikan efek bagi kehidupan di laut, yang saat itu didominasi oleh terumbu karang dan stromatoporoids, sejenis binatang laut tak bertulang belakang.

Related

Science 1162817233800642642

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item