Mengapa Manusia Tidak Mudah Melihat Hantu atau Mendengar Suaranya?


Wujud visual hantu ada di bawah sinar inframerah, makanya tidak mudah ditangkap oleh mata manusia. Artinya, spektrum radiasi gelombang elektromagnetik hantu lebih rendah dari inframerah. Sementara manusia hanya bisa melihat spektrum dari warna merah hingga ungu. Kalau mau melihat di luar spektrum normal tersebut, maka harus menggunakan alat bantu.

Terus mengapa manusia tidak bisa mendengar suara hantu? Sebab frekuensi audio hantu berada di tingkat paling terendah (Very low frequency), yaitu antara 1 Heartz (Hz) sampai 2 Heartz. Sedangkan manusia hanya bisa mendengar frekuensi audio sekitar 20 Hz sampai 22 kHz.

Lantas, apakah manusia tidak bisa melihat hantu?

Tentu saja masih bisa, kalau otaknya lagi dipengaruhi oleh gelombang very low frequency atau gelombang infrasonik secara berlebihan. Misalnya ketika ketakutan, berkeringat dingin, dan gemetaran.

Gelombang infrasonik yang mampu menembus benda dapat memengaruhi sistem kesadaran dan keseimbangan. Alhasil, manusia bisa melihat atau mendengar sesuatu yang tidak ada wujudnya. Hantu yang terlihat juga tergantung dari pola pikir dari otak manusia.

Related

Science 5616311386991222225

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item