Ini 7 Makanan Kaya Magnesium yang Bisa Mengandung Banyak Manfaat


Naviri Magazine - Magnesium adalah mineral yang memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi, menjadikan otot rileks, melancarkan metabolisme, dan mengontrol tekanan darah. Karenanya, seperti mineral lain, magnesium juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi-fungsi organnya agar senantiasa dapat bekerja dengan baik. 

Berikut ini beberapa makanan yang kaya magnesium, yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian Anda.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji labu adalah sumber magnesium terbaik, begitu pula biji wijen. Sementara kacang-kacangan yang dianggap sumber magnesium terbaik adalah kacang mete dan kacang almond.

Polong-polongan

Dari keluarga polong-polongan, kacang kedelai dan kacang hitam merupakan sumber magnesium terbaik. Begitu pula kacang lima, yang mampu memenuhi kebutuhan magnesium 20 persen setiap hari dalam setiap porsinya.

Sayuran hijau dan gandum utuh

Bayam, terutama yang masih mentah dan segar, adalah sumber magnesium yang bisa dikonsumsi setiap hari. Selain sayuran berdaun hijau, gandum utuh juga sama mengandung magnesium. Gandum bisa dinikmati dalam bentuk sereal atau oatmeal yang dimakan saat sarapan.

Ikan

Di antara jenis ikan yang lain, ikan salmon dan halibut adalah jenis ikan yang mengandung magnesium tertinggi. Selain itu, salmon juga akan memberikan asupan asam lemak omega-3 bagi tubuh yang menyehatkan otak dan jantung.

Susu dan yoghurt rendah lemak

Susu dan yoghurt adalah sajian menyehatkan, terutama jika kandungan lemaknya cukup rendah. Selain kaya magnesium, susu dan yoghurt mengandung kalsium tinggi yang mendukung kesehatan tulang dan gigi.

Related

Health 2666160967666077825

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item