4 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan agar Tubuh Tak Gampang Sakit


Pepatah mengatakan hujan adalah sumber rezeki. Tetapi apabila hujan mengguyur tempat tinggal kamu setiap hari, maka kamu perlu antisipasi mencegah penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan.

Penyakit yang kerap datang mengganggu kesehatan pada musim penghujan seperti pilek, flu, batuk, demam berdarah, penyakit pencernaan, bahkan dehidrasi karena suhu cenderung dingin. Untuk tetap sehat, kamu dan keluarga bisa melakukan beberapa hal.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan biar tubuh tidak gampang sakit.

Selalu Bawa Payung atau Jas Hujan ketika Bepergian

Bagi kamu yang sering bepergian, paling penting, nih, untuk membawa payung dan jas hujan. Jika kamu terjebak hujan di satu tempat yang membuat kamu enggak sabar dan terpaksa menembus hujan tanpa pengaman seperti payung atau jas hujan, bisa-bisa nanti daya tahan tubuhmu akan menurun.

Jadi, selalu sediakan payung juga jas hujan yang bisa kamu pakai sewaktu kamu terjebak hujan.

Mandi Air Hangat

Setelah kehujanan, suhu tubuh secara bertahap meningkat karena melawan kuman dan melindungi diri dari serangan infeksi. Untuk membantu membuat suhu tubuh tetap stabil dan tidak demam, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat setelah kehujanan. Atau bisa juga mandi air hangat.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C membantu mempercepat pemulihan ketika terserang flu. Ia juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko flu semakin parah. Vitamin C bisa didapatkan dari sumber alami, seperti paprika, pepaya, jeruk, dan nanas.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Suhu dingin kerap menyelimuti. Kamu pun lebih jarang merasa haus tetapi kebutuhan cairan tubuh tetap perlu dipenuhi. Supaya tidak menyebabkan dehidrasi, pastikan cukup minum air ketika suhu cenderung rendah pada musim hujan. 

Related

Tips 8347210903709010091

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item