3 Resolusi Tahun Baru yang Penting untuk Orang Introvert


Datangnya Tahun Baru berarti saat untuk menetapkan beberapa resolusi dan tujuan baru. Bagi introvert yang berpikiran mendalam, ini berarti saatnya untuk melihat semua yang ada di sekitar Anda, dan melihat bagaimana meningkatkan diri Anda untuk maju.

Jika Anda telah menemukan bahwa tahun lalu telah penuh dengan banyak aktivitas eksternal yang mengguncang jiwa kecil Anda yang tertutup, ini adalah waktu yang tepat untuk memeriksa dan mencari cara untuk mengukir keheningan yang sangat Anda dambakan. 

Berikut ini tiga resolusi Tahun Baru yang harus dibuat oleh semua introvert.

1. Berhenti Berpura-pura Menjadi Ekstrovert

Bahkan jika Anda bergaul dengan sekelompok ekstrovert, mencoba mengikuti sifat ramah dan kecerdasan sosial mereka hanya akan menguras tenaga Anda. 

Menceritakan kisah hidup Anda kepada pria yang baru saja Anda temui di kamar mandi klub, mencari acara networking untuk dihadiri setelah bekerja dan mengatur happy hour mingguan dengan teman-teman, bukanlah hal yang Anda sukai. 

Jadi jangan mencoba menyesuaikan diri Anda ke dalam pola ekstrovert hanya karena seperti itulah orang-orang di sekitar Anda.

Anda suka menjaga lingkaran sosial tetap kecil, bergaul dengan orang-orang yang benar-benar disukai, dan hanya curhat pada orang-orang yang Anda percayai, dan penting untuk diingat bahwa ada nilai di dalamnya juga. 

2. Katakan “Tidak” dengan Tegas

Musim liburan, berarti akan ada banyak pesta dan kumpul-kumpul yang akan mengundang Anda. Dan ketika semua teman sedang bersemangat, mungkin sulit untuk mengatakan, "Tidak, saya hanya akan duduk di luar." 

Tidak apa-apa untuk mengikuti arus sesekali, tetapi jika Anda memperhatikan bahwa Anda biasanya mengalami kesulitan untuk membuat keputusan "Tidak", Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk mengkalibrasi ulang pola itu.

Mulailah dengan mengkomunikasikan kepada teman-teman tentang pengaruh kelompok besar terhadap Anda—apakah mereka memicu kecemasan, menjadi pusat drama yang tidak perlu, atau Anda tidak menikmatinya. 

Ulangi sesuai kebutuhan. Ketika itu tidak berhasil, ghosting (selama Anda melingkari kembali nanti) benar-benar tepat. Jangan merasa tertekan oleh teman sebaya untuk bersosialisasi saat Anda tidak menginginkannya.

3. Rangkullah Kekuatan Anda

Anda mungkin tidak menyukai kehidupan pesta, tetapi Anda tentu saja adalah perekat yang menyatukan semuanya. Introvert dikenal lebih baik dalam percakapan satu lawan satu, dan lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Jadi jika kontribusi Anda ke pesta adalah berbicara dengan beberapa orang dan menjaga perdamaian, bersandarlah padanya. 

Related

Tips 9186495575202702263

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item