Panduan Merawat Mobil Baru agar Selalu Nyaman Dikendarai


Naviri Magazine - Mobil baru memerlukan perawatan yang lebih teliti dan lebih baik daripada mobil lama. Bagi pemilik mobil baru tentu senang sekali. Namun, jangan lantaran senang, Anda jadi melupakan perawatannya. 

Karena, meski mobil baru tidak memerlukan perawatan yang terlampau sering seperti mobil lama, namun ada baiknya Anda mengetahui hal-hal untuk menjadikan mobil baru Anda menjadi awet. Berikut adalah beberapa tips untuk itu:

Ganti oli

Penggantian oli sangat penting pengaruhnya terhadap kondisi mesin selanjutnya. Umumnya penggantian oli pertama lebih cepat daripada penggantian berikutnya. 

Untuk penggantian oli disarankan mengikuti aturan yang ada di standar oli tersebut (bukan menurut bengkel) dan sebisa mungkin jangan sampai terlambat, karena bisa fatal akibatnya, dan masing-masing merek oli memiliki standar penggantian yang berbeda.

Bahan bakar 

Untuk pemakaian bahan bakar perlu diperhatikan, jangan menggunakan bahan bakar sembarangan. Karena bahan bakar yang kualitasnya jelek dapat merusak mesin. 

Pastikan bahan bakar yang Anda gunakan murni tanpa ada campuran zat lain yang kualitasnya kurang bagus. Belilah bahan bakar murni tersebut di pompa bensin atau penyalur resmi.

Air radiator 

Yang perlu diperhatikan, sebaiknya radiator diisi dengan air mineral atau air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Jangan mengisi radiator dengan air sungai atau air yang mengandung endapan kotoran. Karena kotoran akan mengendap dan menyumbat saluran-saluran pendingin sehingga pendinginan kurang baik dan mesin cepat panas.

Kecepatan mobil 

Bacalah buku petunjuk pengoperasian mobil karena untuk mobil baru pengoperasiannya harus dengan kecepatan yang teratur.

Cara mengemudi 

Mengemudikan mobil baru juga harus diperhatikan. Ketrampilan dan ketepatan mengemudi pada saat mobil masih baru akan berpengaruh terhadap kondisi mobil selanjutnya.

Related

Tips 3880702576405161254

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item