Kisah Jenderal Hoegeng Mengembalikan Hadiah Emas dari Istri Menteri


Naviri Magazine - Hoegeng Iman Santoso atau Jenderal Hoegeng adalah Kapolri pada masa Orde Baru. Ia dikenal sebagai sosok yang berintegritas. Ia diceritakan tidak suka menjilat hanya untuk keuntungan dan kenyamanan pribadinya.

Ia pernah mengatakan, “Baik menjadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik." Hal ini ia ungkapkan sebab tahu betul dengan tradisi menjilat di kalangan pejabat Orde Baru. Demi bisa berada lingkup kekuasaan, banyak yang menarik simpati Presiden Soeharto meski harus mempermalukan diri sendiri.

Hoegeng, yang menolak keras tindakan korupsi, tidak segan-segan melempar barang yang diberikan cukong keluar jendela. Selain itu, ia juga tidak segan-segan memarahi bawahannya yang membeli rumah dan mobil mewah. “Memangnya gaji polisi cukup untuk bermewah-mewah?”

Hoegeng diangkat menjadi Jenderal Kepolisian pada 15 Mei 1968, menggantikan Jenderal Soetjipto Joedodihardjo, saat berusia 46 tahun. Selama menjadi Kapolri, Hoegeng kerap menerima tawaran gratifikasi hingga suap, namun ia kukuh menolak.

Aditya Sutanto Hoegeng, anak kedua Hoegeng, bercerita, ibunya, Meriyati, mendapat telepon dari istri Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, Roeslan Abdulgani, Sihwati Nawangwulan, bahwa mobil Mercedes Benz miliknya hilang. Namun polisi tak kunjung menemukan mobil tersebut. Keluhan tersebut disampaikan Meriyati kepada suaminya.

Tidak sampai sepekan setelah laporan tersebut dilayangkan, mobil Sihwati ditemukan di Sukabumi, Jawa Barat. Ketika Hoegeng pulang dari kantor, Meriyati memberitahunya bahwa Sihwati memberikan bungkusan berupa kalung emas seberat 5 gram.

Menurut Aditya, atau yang akrab disapa Didit, Hoegeng menelpon Sihwati dan mengucapkan terima kasih. “Tapi maaf, kalungnya akan kami kembalikan,” tutur Aditya.

Related

Figures 4704344033489804556

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item