6 Tips Mudah dan Sederhana agar Otak Selalu Sehat, Berkembang, dan Kreatif


Naviri Magazine - Sel otak kita merupakan salah satu pilar kunci untuk membuat kita bisa meraih sukses. Saat sel otak kita macet, stuck dan ambyar, otomatis daya kreativitas dan problem solving skills kita juga akan lemah.

Faktanya, begitu banyak orang yang stagnan nasibnya karena daya kemampuan otaknya amat terbatas. Karena sel otaknya mampet, kreativitas untuk melahirkan solusi perubahan nasib jadi lenyap. 

Sebaliknya, saat kita bisa menjaga ketajaman dan kebugaran sel saraf otak, maka kita akan lebih smart, lebih kreatif, dan akan lebih mampu merumuskan problem solving yang jitu. Dalam jangka panjang, kondisi ini akan membuat jalan hidup kita lebih cemerlang.

Jadi, apa saja tips yang layak dilakoni agar sel saraf otak kita tidak stuck dan ambyar?

Rutin Olahraga

Ratusan studi ilmiah membuktikan dampak luar biasa olahraga tidak hanya bagi tubuh kita, namun ternyata amat penting untuk menjaga ketajaman sel saraf otak.

Sebuah studi menunjukkan, jika kita rajin olahraga, sel-sel saraf otak kita akan lebih mekar dan lebih merekah. Sebaliknya, jika kita hanya duduk seharian di depan laptop, sel saraf otak kita akan layu (seolah tidak tumbuh dengan optimal).

Peneliti mengatakan, cara murah meriah untuk membuat otak Anda lebih jenius adalah cukup dengan rajin olahraga. Minimal seminggu tiga kali, selama 30 menit.

Kalau Anda selama ini merasa otak Anda sering stuck dan ambyar, kemungkinan besar karena Anda jarang olahraga. 

Rutin Membaca

Studi ilmiah juga menunjukkan, rajin baca buku membuat kekuatan kognitif dan sel saraf otak kita makin kuat. Orang yang rajin membaca buku, sel otaknya terbukti lebih tangguh, dan ketika tua tidak mudah terkena demensia atau pikun.

Ibaratnya, ritual membaca melatih neuron atau sel saraf otak kita untuk “olahraga”, menggerakkan kekuatan ototnya, dan makin sering dilatih akan makin mekar. Sebaliknya, kalau jarang membaca, seolah otak hanya dibiarkan menganggur dan akhirnya beku.

Maka luangkan waktu setidaknya 15 menit tiap malam untuk membaca buku. 

Banyak Mendengar

Bagi yang sering naik angkutan umum saat pergi dan pulang kantor, bisa juga meluangkan waktu di jalan sambil mendengarkan podcast yang bermutu. Atau bisa mendengarkan Youtube (versi audio). 

Ada banyak koten berguna di Youtube ataupun dalam beragam media podcast; yang bisa didengarkan sambil menempuh perjalanan, atau ketika sedang dalam antrian. Atau juga saat olahraga pagi hari.

Rajin Menulis

Ide dasarnya sebenarnya adalah tumbuhkan kebiasaan menulis. Studi menunjukkan, kebiasaan menulis amat bermanfaat untuk membuat sel saraf kita tumbuh dengan cerdas. Menulis merupakan ritual yang melatih otot saraf kita makin kuat.

Lalu apa yang bisa ditulis? Ada banyak pilihan. Misal tumbuhkan kebiasaan menuliskan impian dan rencana tindakan (atau action plan) yang ingin Anda lakukan. Apa impian 3 atau 5 tahun ke depan. Tuliskan dalam notes di smartphone. Lalu tuliskan juga action plan yang akan Anda lakukan.

Bisa juga latihan menulis ide-ide dan pemikiran yang Anda miliki, melalui medium blog atau akun media sosial yang Anda miliki. Tuliskan gagasan dalam paragraf yang agak panjang, sembari melatih pola pikir yang runtut dan sistematis.

Keluar dari Zona Nyaman

Sel saraf otak kita akan mekar saat kita memulai aktivitas yang baru dan penuh tantangan. Sebaliknya, saat otak kita hanya diminta kerja dalam rutinitas yang monoton, lama-lama sel saraf kita akan beku dan mati. 

Sel saraf dalam otak kita jadi monoton juga pergerakannya. Seolah tidak ada variasi dan kebaruan. Dalam jangka panjang, kondisi ini benar-benar akan membuat otak jadi stagnan.

Maka menjadi penting untuk mencari dan menemukan peluang aktivitas baru yang akan “melatih sel saraf otak” Anda untuk terus bergerak dinamis dan tumbuh. Sebab hanya dengan variasi aktivitas ini, sel saraf kita akan menemukan ruang untuk tumbuh mekar; dan bukan mati dalam rutinas monoton yang membosankan.

Cukup Tidur

Puluhan studi ilmiah menunjukkan, tidur nyenyak yang cukup (minimal 7 jam) sangat krusial bagi kebugaran otak kita. Orang yang suka begadang dan tidur terlalu larut malam, dalam jangka panjang akan makin ambyar kekuatan sel otaknya. 

Related

Tips 3146285487602126593

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item