Mengenal Aneka Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Blewah (Cucumis melo) mungkin tidak sepopuler melon atau labu, meski penampilannya mirip dua buah tersebut. Meski kalah populer, namun blewah memiliki kandungan manfaat yang tak kalah dibanding melon dan labu. Dalam 100 gram buah blewah, terkandung nutrisi berikut ini.
  • Vitamin A: 33,82 IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  • Vitamin C: 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  • Kalium: 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  • Folat: 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian folat)
  • Magnesium: 12,69 mg
  • Mangan: 0,03 mg
  • Tembaga: 0,05 mg
  • Seng: 0,10 mg
  • Kobalt: 0,003 mg
  • Krom: 0,005 mg

Blewah banyak dikonsumsi saat bulan puasa, karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik dalam menunjang tubuh orang yang menjalankan puasa. Blewah juga baik untuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan mengatasi diabetes serta obesitas.

Dalam hal vitamin, blewah adalah sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakaroten dalam blewah merupakan jenis antioksidan yang berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. 

Sedangkan kandungan vitamin A yang tinggi membuat blewah dapat dijadikan makanan yang baik untuk perokok atau yang sering terpapar asap rokok. Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai berbagai khasiat blewah dalam hal menunjang kesehatan.

Menurunkan berat badan

Blewah rendah gula dan rendah kalori. Karenanya, mengonsumsi buah ini tidak hanya akan membantu menjaga berat badan, namun juga menjaga kesehatan tubuh untuk terhindar dari berbagai penyakit.

Menurunkan tekanan darah

Blewah memiliki kandungan vitamin C dan potasium, yang membantu menurunkan tekanan darah, selain juga bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah. Blewah juga tidak mengandung kolesterol sama sekali, karenanya aman dikonsumsi orang yang menderita tekanan darah tinggi atau mengalami masalah kolesterol.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah blewah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C dalam blewah juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, dan dapat menguatkan dinding kapiler.

Mencegah penyakit jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan tinggi vitamin C yang tinggi dalam blewah memiliki khasiat dalam mencegah penyakit jantung, bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluh darah. 

RDA (Recommended Dietary Allowance) menyarankan kita agar mengonsumsi betakaroten, sekitar 5-6 mg per hari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah blewah secara teratur.

Menurunkan risiko kanker

Kekurangan gizi semacam betakaroten, vitamin C, dan asam folat, dapat meningkatkan risiko terkena kanker rahim. Dalam hal ini, blewah memiliki nutrisi-nutrisi tersebut, sehingga mengonsumsi blewah secara rutin dapat menurunkan risiko kanker.

Mengatasi insomnia

Blewah memiliki sifat sedatif yang sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif bisa dibilang serupa dengan obat tidur. Jadi, kalau Anda kebetulan menderita susah tidur, jauh lebih baik rutin mengonsumsi blewah yang lebih aman daripada mengonsumsi obat tidur.

Mengatasi maag

Masalah maag bisa diatasi dengan blewah. Khusus untuk penyakit maag, blewah bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, sehingga lebih mudah dicerna. Selain mengatasi maag, blewah juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam blewah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A dalam blewah juga bermanfaat dalam mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

Memelihara kesehatan kulit

Ancaman masalah kulit datang dari radikal bebas yang bisa dibilang tak pernah berhenti menyerang. Dalam hal ini, blewah memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, sekaligus menangkal radikal bebas yang datang. Selain itu, vitamin C dalam blewah juga mampu membantu sintesis kolagen pada kulit.

Melancarkan pencernaan

Dengan kandungan vitamin A dan serat yang tinggi, blewah mampu membantu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan saluran urin, dan mencegah infeksi pada saluran kemih.

Membantu kesehatan ibu hamil

Blewah mengandung asam folat, nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil agar janin dalam kandungan selalu sehat. Kandungan folat yang tinggi pada blewah membantu menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi ibu hamil, demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Membantu melancarkan diet

Blewah sangat bagus dalam membantu diet, karena rendah gula dan kalori.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium dalam blewah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Karenanya, penderita hipertensi atau darah tinggi bisa mengonsumsi blewah untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi batu ginjal

Penelitian telah membuktikan, konsumsi blewah dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal, sekaligus menjauhkan tulang keropos.

Mencegah asam urat

Blewah memiliki indeks glikemik yang rendah. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes atau orang yang menderita obesitas. Selain itu, blewah juga dapat mencegah asam urat.

Related

Health 1067645772076761228

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item