Memahami Kadar Saturasi Oksigen Normal dalam Darah, dan Cara Mengeceknya


Naviri Magazine - Penting bagi kita untuk mengetahui tingkat saturasi oksigen normal dalam darah. Apalagi jika sedang mengidap penyakit terkait pernapasan, seperti COVID-19.

Pasalnya, tingkat saturasi oksigen yang rendah dapat memicu hipoksia atau rendahnya kadar oksigen di sel dan jaringan. Kondisi ini dapat menyebabkan sel dan jaringan di tubuh tidak berfungsi dengan baik, bahkan jika dibiarkan bisa berakibat kematian.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang saturasi oksigen dan cara mengukurnya.

Apa itu saturasi oksigen?

Dikutip dari News Medical dan Verywell Health, saturasi oksigen merupakan tingkat persentase hemoglobin yang terikat oksigen di dalam darah. Hemoglobin ini berperan dalam membantu darah untuk menghantarkan oksigen ke seluruh sel dan jaringan tubuh.

Berikut sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi tingkat saturasi oksigen.
  • Jumlah oksigen yang dihirup
  • Kemampuan paru-paru dalam menukar karbon dioksida dengan oksigen
  • Konsentrasi hemoglobin di dalam sel darah merah
  • Kemampuan hemoglobin dalam mengikat oksigen.

Bagaimana cara mengecek saturasi oksigen?

Dalam mengukur tingkat saturasi oksigen normal dalam darah, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, menggunakan pulse oximeter dan tes analisis gas darah.

1. Pulse oximeter

Penggunaan alat ini cukup praktis dalam mengukur saturasi oksigen. Alat ini berfungsi untuk memperkirakan jumlah oksigen di dalam darah dengan cara mengukur gelombang cahaya yang dipantulkan dari aliran darah.

Cara penggunaanya hanya dengan memasang pulse oximeter di jari tangan, kemudian tunggu beberapa saat untuk mengetahui hasil saturasi oksigen dalam darah. Hasil pengukurannya akan terlihat dalam satuan persen.

2. Tes analisis gas darah

Pemeriksaan ini mengacu pada tingkat oksigen dan karbon dioksida di pembuluh darah arteri. Tes analisis gas darah ini sangatlah akurat, namun tidak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan mengambil sedikit sampel darah dari pembuluh darah arteri di pergelangan tangan atau selarangnan. Kemudian, sampel darah tersebut akan dianalisis di dalam mesin khusus.

Hasil tes analisis gas darah akan diukur dalam satuan milimeter merkuri (mmHg).

Berapa tingkat saturasi oksigen normal?

Besarnya tingkat saturasi oksigen dalam darah yang normal tergantung dari metode pemeriksaan yang dilakukan, seperti sebagai berikut.

Saturasi oksigen normal dari pulse oximeter, yakni antara 95-100 persen

Saturasi oksigen normal dari tes analisis gas darah, yakni di atas 80 mmHg.

Related

Health 2877844395258839735

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item