Jika Tidak Ada Oximeter, Begini Cara Cek Saturasi Oksigen Tanpa Alat


Naviri Magazine - Saat terinfeksi virus Corona, pasien biasanya dianjurkan untuk mengontrol saturasi oksigen secara berkala menggunakan oximeter. Namun, ternyata ada juga cara cek saturasi oksigen tanpa alat.

Menurut ahli, batas aman saturasi oksigen seseorang berada di atas 94-95 persen. Dengan demikian, apabila kadar oksigen sudah berada di angka 93-94 persen, maka pasien dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit.

Pengukuran kadar oksigen pada pasien COVID-19 ini menjadi penting karena salah satu gejala umum saat terinfeksi virus Corona adalah happy hypoxia, yakni adanya penurunan saturasi oksigen tanpa adanya keluhan apapun.

Karenanya, pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri diimbau untuk mempersiapkan tabung oksigen untuk berjaga-jaga apabila terjadi keadaan darurat.

Tetapi, bagi pasien yang tidak memiliki oksimeter, terdapat cara cek saturasi oksigen tanpa alat yang bisa dilakukan oleh pasien isolasi mandiri di rumah, yakni dengan menghitung jumlah napas dalam satu menit.

"Sesak itu bisa kita hitung, kalau kita nggak punya oximetry, kita bisa hitung. Dalam satu menit berapa kali napas kita, kita lakukan. Kalau lebih dari 24 kali dalam satu menit kita menarik napas, itu artinya kita dalam keadaan sesak," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi.

Ketika pasien mengalami sesak napas akibat saturasi oksigen yang menurun dan tidak ada suplementasi oksigen di sekitar, salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan darurat adalah dengan melakukan teknik proning.

Teknik ini cukup efektif apabila saturasi oksigen masih berada di atas 94 persen, sehingga apabila kadar oksigen sudah berada di bawah 94 persen, maka tetap dibutuhkan bantuan oksigen tambahan.

Terdapat beberapa posisi tertentu untuk mencoba teknik proning ini, yakni:

Posisi 1: tidur tengkurap dengan tiga bantal diletakkan di leher, panggul, dan kaki.

Posisi 2: berbaring menyamping ke kanan dengan tiga bantal, di kepala, pinggang, dan di antara kedua kaki.

Posisi 3: rebah dalam posisi setengah duduk, dengan tiga bantal ditumpuk untuk bersandar.

Dengan mencoba cara cek saturasi oksigen tanpa alat dan melakukan teknik proning, maka diharapkan bisa membuka ruang napas bagi pasien. Perlu diingat bahwa pasien tetap wajib mencari pertolongan medis ke rumah sakit.

Related

Health 4976826733590424395

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item