Ingin Beli Saham IPO Bukalapak? Begini Tata Cara dan Penjelasannya


Naviri Magazine - PT Bukalapak.com atau Bukalapak akhirnya mengumumkan rencana penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Sebagai unicorn pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin publikasi atas pernyataan pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bukalapak akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dikutip dari prospektusnya, Bukalapak menawarkan saham sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 lembar saham dengan nilai nominal Rp 50. Jumlah saham yang ditawarkan itu sebesar 25 persen dari modal yang ditanamkan dan disetor perseroan setelah IPO. Harga penawaran IPO Rp 750 - Rp 850.

Tata cara pemesanan saham Bukalapak akan dilakukan dengan cara yang khusus, yang berbeda dari penawaran umum sebelumnya. Investor wajib memiliki single identity number (SID), sub rekening efek (SRE), dan rekening dana nasabah (RDN). 

Apabila belum memiliki, segera daftar di perusahaan efek terdekat yang ada di Indonesia. Perusahaan efek di tempat Anda membuka efek akan membantu Anda sebagai investor melakukan pernyataan minat pembelian saham Bukalapak.

Sebagai informasi, penyampaian minat pembelian dan atau pembelian saham Bukalapak hanya dapat dilakukan di perusahaan efek di mana investor membuka sub rekening efeknya. 

Caranya, unduh Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS). Lalu isi data-data Anda dengan lengkap. 

FPPS dapat diunduh dari situs https://about.bukalapak.com/id/investor-relations/. 

Kirimkan FPPS yang telah ditandatangani ke perusahaan efek melalui surat elektronik (email) yang diinformasikan perusahaan efek. Perhatikan jadwal masa penawaran umum pembelian saham yang akan dilayani setiap hari sampai pukul 15.00 WIB, dan di hari terakhir sampai pukul 10.00 WIB. Apabila dana belum berstatus 'good fund', pesanan belum bisa diproses.

Apabila Anda belum memiliki ISD, SRE, dan RDN, Anda dapat menghubungi perusahaan efek terdekat untuk membuka rekening RDN dan Efek. Daftar Perusahaan Efek di Indonesia bisa ditemukan di https://www.ksei.co.id/services/participants/brokers. 

Investor dapat melakukan pemesanan saham dengan jumlah yang tidak ditentukan. Tetapi apabila terjadi kelebihan pemesanan atau oversubscribed, maka akan dijatahkan dan sisa pembayaran akan dikembalikan. Perusahaan efek akan mengirimkan data pemesan ke biro administrasi efek PT Datindo Entrycom pada periode penawaran umum.

Related

News 8311249074533674441

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item