Benarkah Ganti Knalpot Racing Bikin Motor Lebih Boros Bensin? Ini Kata Mekanik


Naviri Magazine - Modifikasi sepeda motor saat ini merupakan hal yang lumrah dilakukan para pecinta roda dua. Salah satu bagian motor yang sering dan lebih dahulu dimodifikasi biasanya knalpot. Knalpot yang diubah jadi lebih berisik biasanya dilakukan agar mendapatkan performa dan tampilan lebih racing.

Setiap ubahan pada knalpot biasanya banyak rumor mengenai konsumsi bahan bakar yang jadi lebih boros. Namun rumor ini jarang dijelaskan secara teknikal. Lantas bagaimana kebenaran soal hal ini? Wawan, selaku pemilik bengkel knalpot WRC, memberikan tanggapannya.

"Sebenarnya begini loh, untuk pemakaian knalpot racing kalau pemakaiannya biasa saja ya bensinnya sama. Tetapi kalau orang pakai knalpot racing, biasanya orang tangannya gatel. Jadinya pengen geber-geber terus, karena digeber bensinnya otomatis ya berbeda dengan aslinya," ujar Wawan.

Dia pun menuturkan hal tersebut bisa dibilang mitos, karena pemborosan bahan bakar terjadi dari perilaku pengendara itu sendiri. Namun dia memang tidak memungkiri adanya sedikit keborosan pada pengguna knalpot racing. Akan tetapi keborosan bahan bakar menurut Wawan tidak signifikan.

"Paling kalau lebih boros perbedaannya sedikit sekali lah. Kalau seumpamanya perilaku memakainya standar saja, ya tetap saja konsumsi bahan bakarnya bisa irit," pungkas Wawan.

Related

Automotive 6018995593374032887

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item