Arab Saudi dan Uni Emirat Arab Kecam Tindakan Israel Menggusur Pemukiman Warga Palestina


Naviri Magazine - Pemerintah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada Sabtu (8/5) melayangkan kecaman terhadap rencana Israel menggusur warga Palestina yang tinggal di Jerusalem Timur dan membangun pemukiman Yahudi di bekas pemukiman warga Palestina tersebut.

Sementara itu, pasukan keamanan Israel terlibat bentrokan dengan warga Palestina yang tidak terima dengan penggusuran tersebut di sekitar Masjid Al Aqsa dan sejumlah kawasan di sekitar Jerusalem Timur pada Jumat malam. Lebih dari 200 warga Palestina dan 17 petugas keamanan Israel terluka dalam insiden tersebut.

“Saudi Arabia menentang rencana dan kebijakan Israel untuk mengusir puluhan warga Paletina dari rumah mereka di Jerusalem dan menyatakan wilayah tersebut sebagai wilayah kekuasaan Israel,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi yang dirilis oleh Al Arabiya.

Kecaman juga dilayangkan oleh Uni Emirat Arab yang sudah membangun hubungan diplomatik dengan Israel pada tahun 2020 lalu. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Menteri Luar Negeri UAE Khalifa al Marar mendesak otoritas Israel untuk meredakan ketegangan.

“Otoritas Israel perlu bertanggung jawab, sesuai dengan hukum internasional, untuk menyediakan perlindungan yang diperlukan oleh warga Palestina untuk menjalankan ibadah keagamaan, dan mencegah praktek-praktek yang merusak kesucian Masjid Al Aqsa,” demikian pernyataan al Marar, dikutip Reuters.

Related

News 915553245329701377

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item