Anies: Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Libur Lebaran


Naviri Magazine - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada potensi lonjakan kasus covid-19 setelah libur Idulfitri. Meski ada larangan mudik pada tahun ini, namun Anies tidak menampik ada pergerakan penduduk dalam jumlah besar. 

Diprediksi, 1,2 juta orang telah meninggalkan wilayah Ibu Kota Jakarta sebelum dan pada larangan mudik. 

"Kita semua menyadari setiap ada pergerakan penduduk yang cukup besar, pekan pekan sesudahnya potensi kenaikan kasus covid-19 selalu ada," tutur Anies di Balai Kota. 

Anies pun berencana melakukan dua lapis pengetatan terhadap warga dari luar Ibu Kota selama arus balik Lebaran. Lapis pertama, skrining terhadap kendaraan pribadi di pintu masuk Jakarta. Skrining juga dilakukan terhadap pendatang yang menggunakan pesawat dan kereta api. 

"Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan skrining random bagi mereka yang masuk," imbuhnya. 

Sementara itu, pemantauan lapis kedua ialah berbasis komunitas. Anies menyebuut gugus tugas di tingkat RT/RW akan berkoordinasi dengan camat, lurah, bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mendata serta memantau warga yang masuk ke suatu wilayah. 

Nantinya, ada aplikasi khusus yang digunakan pengurus RT/RW untuk melaporkan kondisi wilayahnya dua kali dalam satu hari.

Related

News 458713118565575595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item