Rahasia Sederhana Jack Ma Menjadi Orang Terkaya di Tiongkok


Naviri Magazine - "Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine." – Jack Ma.

(Jangan pernah menyerah. Hari ini sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi sinar matahari)."

Miliuner asal Tiongkok, Jack Ma, membuktikannya sendiri. Berkat kemampuannya merencanakan masa depan, Ma bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Lihat saja, Forbes mencatat Ma memiliki kekayaaan mencapai 27,9 miliar dollar Amerika Serikat per September 2016. 

Kesuksesan Ma tidak lepas dari kejeliannya dalam merencanakan masa depan. Ma melihat sebuah peluang besar dari internet yang pertama kali didengarnya pada 1994.

Ihwalnya terjadi pada 1995, ketika ia diperkenalkan dengan internet oleh temannya. Ma mengetik pencarian dengan kata kunci “beer”. Ternyata, ia tidak menemukan satu pun yang berasal dari Tiongkok. Ma kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut tentang Tiongkok. Namun, tidak ada satu pun informasi yang ditemukannya.

Hal inilah yang mengusiknya. Ia akhirnya membuat situs seadanya yang memuat apa pun tentang Tiongkok. Dalam beberapa jam sesudahnya, dia mendapat beragam pertanyaan tentang Tiongkok.

Kejadian itu membuatnya semakin yakin dengan prospek dari internet. Dia lalu sempat bekerja untuk berbagai perusahaan di luar Tiongkok. Namun, pada 1998, Ma akhirnya memutuskan kembali ke Tiongkok, dan mendirikan sebuah perusahaan online marketplace.

Kini, kesuksesan diraihnya. Perusahaan tersebut berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. “Kami meraih sukses saat ini bukan karena yang kami lakukan pada hari ini. Kami sudah memimpikannya sejak 15 tahun lalu,” kata Ma.

Related

Figures 2337583726056369794

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item