Perlu Tahu, Sering Minum Air dari Botol Plastik ternyata Bisa Berbahaya


Naviri Magazine - Air minum sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika hanya Air tentu belum cukup untuk memastikan tubuh Anda benar-benar sehat. Terlepas dari itu, peralatan atau botol plastik yang digunakan untuk menyimpan air minum juga sangat penting.

Kalau sebelumnya Anda minum dan menyimpan air menggunakan kemasan botol plastik, Anda harus bertanya pada diri sendiri, seberapa amankah? 

Sebagian besar plastik terbuat dari molekul hidrokarbon, dan sebagian besar plastik telah menambahkan bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas atau bahkan warna pada botol.

Keamanan botol plastik bervariasi, tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Produk yang berkualitas rendah mungkin akan menimbulkan masalah kesehatan serius seperti kanker.

Berikut ini beberapa penjelasan penelitian, yang menunjukkan dampak negatif pada air minum kemasan botol plastik bagi kesehatan, dilansir dari Boldsky:

Penggunaan yang berulang-ulang

Sebagian besar kemasan botol plastik yang tersedia di pasaran hanya untuk sekali pakai. Tetapi, sangat umum bahwa orang menggunakannya kembali untuk menyimpan air. Plastik terbuat dari polyethene terephthalate (disingkat PET atau PETE).

Komplikasi bagi kehamilan

BPA atau Bisphenol A yang digunakan dalam kemasan botol air plastik terbukti menyebabkan komplikasi bagi wanita hamil dan janin. BPA meniru estrogen palsu, dan ini dapat menyebabkan kelainan kromosom, yang mengakibatkan cacat saat lahir.

Masa pubertas jadi terlambat

Paparan bahan kimia yang meniru hormon seperti estrogen akan mengganggu masa pubertas. Selain itu, juga dapat menurunkan kesuburan, meningkatkan lemak tubuh, dan memengaruhi sistem saraf. Properti seperti estrogen dari BPA kimia bisa sangat berbahaya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Infeksi

Minuman dalam kemasan botol plastik yang berkualitas rendah tentu dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif. BPA dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terkena berbagai jenis infeksi.

Sebelum terlambat dan terkena dampak ataupun efek samping yang ditimbulkan oleh air minum dalam botol kemasan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjauhkan diri dari bahaya tersebut.

Botol air

Gunakan alternatif selain plastik, seperti gelas atau stainless, dan sebaiknya membawa air minum sendiri dari rumah. Hindari botol yang memiliki kode daur ulang. Jika tidak ada pilihan lain, pilih botol yang bebas BPA.

Meskipun ada air dalam kemasan yang bebas BPA atau pilihan lain seperti plastik sekali pakai, cara terbaik yang disarankan oleh dokter adalah menghindari air dalam kemasan botol plastik. 

Saat berhenti minum air dari kemasan botol plastik, Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh Anda, tetapi juga menghemat uang dan menyelamatkan bumi dari sampah plastik.

Related

Health 3560953470028312900

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item